Santan Sebabkan Struk dan Penyakit Ini, Anda Wajib Tau

  Santan Sebabkan Struk dan Penyakit Ini, Anda Wajib Tau

makanan santan-ist-

Ganguan Jatung

Ketika mengolah atau memasak santan dengan suhu yang cukup tinggi dan diulang atau dipanaskan kembali dapat terjadinya penumpukan lemak jahat dari dalam santan. Hal inilah yang akan meningkatkan resiko dari penyakit jantung atau ganggua jantung. Seharusnya konsumsi santan yang cukup dapat menjaga kadar kolestrol baik (HDL) tapi karena secara berlebihan ya akibatnya menjadi penyakit.

 

Diare

Bila sebelumnya konsumsi santan berlebih akan membuat asam lambung naik, maka di sisi lain sistem pencernaan pun ikut terganggu. Makanan bersantan pada dasarnya banyak mengandung serat yang sulit untuk diolah organ pencernaan menjadi feses. Kenapa demikian ? Dengan sulitnya organ pencernaan mengubah santan menjadi feses yang padat sehingga tekstur yang keluar akan berbeda bahkan berulang yang tentu akan muncul diare, dari diare ini anda akan ikut merasa dehidrasi.

 

Dokter spesialis gizi dr. Amalia Primahastuti, M.Gizi, Sp.GK menjelaskan ada baiknya konsumsi santan dengan batasan kurang dari 7% dari persentase kalori harian atau kata lain kisaran 15 gram lemak. Dalam satu hari itu 1,5 atau 60 gram santan yang aman untuk dikonsumsi. Atau berdasarkan pendapat lain dapat ditakar dengan kisaran 120 ml yang berarti 1 satu hingga 2 cangkir saja. Konsumsilah sewajarnya saja atau bagi pengidap penyakit tertentu dapat dikonsultasikan terlebih dahulu agar lebih meminimalisir datangya penyakit lain.

 

 

Sumber: