Program Kampus Merdeka yang Wajib di Coba Sebelum Lulus Kuliah!

Program Kampus Merdeka yang Wajib di Coba Sebelum Lulus Kuliah!

ILUSTRASI/Program Kampus Merdeka--

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM – Di dunia perkuliahan rasanya kita ingin mencoba banyak hal baru. Mengikuti kepanitiaan, Menjadi pengurus dalam organisasi, Ikut tergabung dalam suatu aliansi bahkan terjun dalam kegiatan daerah maupun nasional baik dalam lingkup perlombaan atau gabungan perwakilan kampus.

Minat yang kita miliki mengikuti bagaimana basis kampus yang tengah kita duduki ada negeri ada juga swasta. Apakah kalian tahu dalam dunia perkuliahan adalah program yang dengan dengan istilah Kampus Merdeka. 

Dilansir dari laman website Pusat Informasi Kampus Merdeka, Kampus merdeka merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek dengan memberikan hak kepada Mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi selama 1 semester dan berkegiatan di luar perguruan tinggi selama 2 semester.  Perguruan tinggi diberikan kebebasan untuk menyediakan kegiatan kampus merdeka yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mahasiswanya. 

BACA JUGA:Dosen UPP-UNIB Sosialisasikan Good Agriculture Practice Tanaman Kopi Melalui Program Kosabangsa Hibah DRTPM

1. MSIB, Magang dan Studi Independen Berserifikat

Bagi mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan ini ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus anda sesuaikan seperti:

  • Mahasiswa Aktif di Perguruan Tinggi yang berada dalam koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek)
  • Mahasiswa aktif tersebut berada dalam jenjang D2/D3/D4/S1 dengan rata rata semester 3-5
  • Berkomitmen dari awal hingga penyelesaian program
  • Mengunggah beberapa berkas seperti CV, Transkrip Nilai, Surat Rekomendasi, Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak hingga scan foto KTP.

Benefit yang dapat anda miliki ialah; mendapatkan gaji sesuai dengan tipe mitra yang ditempati. Dapat mengkonvesrsikan SKS, mendapatkan e-sertifikat dan mendapatkan jaringan professional yang luas.

BACA JUGA:Siap-siap !! Program Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Segera Disosialisasikan

2.IISMA, Indonesian International Student Mobility Awards adalah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi global citizen dan mengenal dunia internasional serta memperkuat jejaring, keterampilan teknis (hard skills), dan keterampilan non teknis(soft skill). Program ini dapat diikuti mahasiswa S1 pada semester 4-6 dan juga dibuka untuk Diploma 3 pada semester 4-6. 

Dari kegiatan ini mahasiswa akan mendapatkan uang saku untuk biaya hidup selama berada di luar negeri.

BACA JUGA:PGRI dan Kepsek Dukung Program Mengaji

3.PMM, Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan kegiatan yang bertujuan mempelajari keberagaman budaya di nusantara. Kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan, integritas dan wadah dalam kebangsaan.

Syarat mengikuti kegiatan tersebut ialah mahasiswa aktif D3, D4, atau S1 dan berada pada minimal semester 2. Memiliki IPK minimal 2,8 dan kampus calon pendaftar berada di bawah naungan Kemendikbudristek.

Benefit yang didapatkan ialah, memiliki e-sertifikat nasional dari Dirjen Diktiristek, Kemndikbudristek serta adanya bantuan dana dalam kegiatan Modul Nusantara beserta dana untuk biaya hidup dan transportasi selama 1 Semester

Sumber: