Menahan Rindu Terlalu Lama Tidak Baik bagi Kesehatan: Ini Penjelasan Ilmiahnya

Menahan Rindu Terlalu Lama Tidak Baik bagi Kesehatan: Ini Penjelasan Ilmiahnya

ILUSTRASI/Menaham rindu-ILUSTRASI/NET-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Ketika seseorang merasakan keinginan terhadap seseorang atau sesuatu, perasaan ini sering kali dianggap sebagai bagian alami dari pengalaman manusia.

Namun, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa menekan hasrat terlalu lama dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental seseorang.

BACA JUGA:Menggali Kecerdasan Emosional: Kunci Kesuksesan dan Kesejahteraan

Rindu kampung halaman adalah perasaan yang sering muncul ketika kita merindukan kehadiran atau hubungan dengan orang yang kita cintai, atau bahkan tempat atau pengalaman tertentu. Ini merupakan respon emosional yang dapat mempengaruhi keadaan psikologis dan fisik seseorang.

BACA JUGA:Ternyata, Menangis Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental dan Emosional

Secara ilmiah, rasa rindu kampung halaman ada hubungannya dengan pelepasan hormon stres, termasuk kortisol. Ketika seseorang terlalu lama merindukan sesuatu atau seseorang, kadar kortisol dalam tubuhnya bisa meningkat. Kortisol adalah hormon stres yang jika diproduksi secara berlebihan dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh.

BACA JUGA:Mengungkap Rahasia Kecerdasan Emosional: Kunci Kesuksesan Pribadi dan Profesional

Salah satu dampak kesehatan yang paling nyata adalah melemahnya sistem kekebalan tubuh. Ketika kadar kortisol tinggi dalam jangka waktu lama, tubuh menjadi rentan terhadap penyakit dan infeksi. Memang hormon kortisol dapat menghambat produksi sel sistem kekebalan tubuh.

 

Selain itu, terlalu lama memendam keinginan juga bisa berdampak pada kesehatan mental. Perasaan kesepian dan cemas seringkali menjadi teman setia ketika seseorang merindukan rumah. Hal ini dapat mengganggu tidur, menyebabkan gangguan makan dan bahkan berkontribusi terhadap depresi.

BACA JUGA: Humor sebagai Obat Ampuh untuk Mengatasi Stres: Tawa sebagai Kunci Kesejahteraan Emosional Anda

Namun, tidak semua keinginan bersifat negatif. Rasa rindu yang sehat, membuat seseorang merindukan seseorang atau sesuatu dalam jumlah sedang, dapat mempererat hubungan dan membuat seseorang lebih bersyukur atas apa yang dimilikinya.

 

Singkatnya, menekan nafsu terlalu lama tidak baik untuk kesehatan, baik fisik maupun mental. Hal ini terkait erat dengan peningkatan kadar kortisol, yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan mental.

Sumber: