Manfaat Olahraga Malam Hari, Salah Satunya Bisa Menghilangkan Stress

 Manfaat Olahraga Malam Hari, Salah Satunya Bisa Menghilangkan Stress

sumber: pinteres ilustrasi olahraga malam --

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM - Olahraga merupakan aktivitas yang harus di lakukan seseorang untuk kesehatan tubuh. Olahraga yang dilakukan pada pagi, siang, atau malam hari memiliki manfaat tersendiri dan sama-sama bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bergantung pada waktu luang yang dimiliki. 

Olahraga malam merupakan aktivitas yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Seperti merelaksasi tubuh akibat aktivitas pekerjaan, meningkatkan otot dalam tubuh dan masih banyak lainnya. Olahraga malam sebaiknya dilakukan di antara jam 18.00 hingga 20.00. 

Pada jam ini otot tubuh sedang dalam kondisi yang fleksible. 

Olahraga di malam hari dianggap dapat mengganggu waktu tidur. sebaiknya tidak dilakukan pada satu sampai satu setengah jam sebelum tidur. karena, aktivitas tersebut justru bisa mengganggu jam tidur dan memengaruhi kualitas tidur seseorang. Sebenarnya hal ini tergantung seberapa banyak aktivitas yang dilakukan dan berapa lama jarak tidur dengan olahraga.

BACA JUGA:

Berikut beberapa Manfaat olahraga malam hari:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Bagi kamu yang sulit tidur atau insomnia olahraga malam hari merupakan cara yang efektif untuk menjaga kualitas tidur anda. Dengan berolahraga anda akan cepat tidur, hal ini disebabkan oleh kecapeean saat berolahraga dan tubuh pun memerlukan istirahat. Namun, hindari melakukan olahraga secara berlebihan karena bisa meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh yang berakibat pada kesulitan tidur. Olahraga malam hari merupakan cara yang efektif untuk menjaga kualitas tidur kamu dan bangun pagi dengan segar. 

2. Menenangkan pikiran dan penghilang stress

Olahraga malam hari bisa menenangkan dan penghilang stress. Olahraga malam hari memicu hormon endorfin yang memberikan rasa tenang di otak. Hormon endorfin merupakan senyawa kimia yang diproduksi oleh kelenjar pituitari atau hipofisis yang berada di dalam otak. Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem endokrin, berbentuk oval dan berukuran kecil seperti kacang polong, namun memengaruhi berbagai macam fungsi tubuh, salah satunya adalah melepaskan hormon endorfin melalui sistem saraf.  Hormon endofrin dapat di hasilkan oleh aktivitas fisik seperti olahraga malam. 

3. Menambah kekuatan otot

Olahraga malam hari bisa meningkatkan kekuatan otot. Dilansir dari berbagai sumber kinerja otot mencapai puncaknya pada sore sampai malam hari. Hal ini desebabkan karena adanya fluktuasi pada kadar hormon dan juga suhu inti tubuh. Itulah alasannya berolahraga pada malam hari dianggap dapat memaksimalkan kekuatan ototmu. perlu diperhatikan olahraga malam jangan dilakukan pada saat mendekati tidur dan jangan berlebihan.

BACA JUGA:Olahraga Tradisional Indonesia yang Bisa Dilakukan Sebelum Hari Kemerdekaan

4. Menurunkan berat badan

Sumber: