Ternyata Jenis Perabotan Plastik Ini Berubah jadi Tempat Makanan

Ternyata Jenis Perabotan Plastik Ini Berubah jadi Tempat Makanan

ILUSTRASI/Perabotan Plastik.--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Hampir setiap hari Anda menggunakan wadah plastik untuk berbagai kebutuhan. Namun, tahukah Anda bahwa plastik memiliki ragam jenis dan beragam pula bahaya yang bisa ditimbulkan darinya?

Selain itu, plastik merupakan jenis sampah yang sulit terurai karena membutuhkan waktu puluhan bahkan hingga ribuan tahun. Mengetahui dan mengenal jenis-jenis plastik dapat membantu kita lebih bijak dalam memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas yang tepat.

Istilah plastik sendiri mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi sintetik. Plastik dibentuk melalui kondensasi organik atau penambahan polimer, dan dapat juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan kualitas plastik. Ada beberapa polimer alami yang mengandung plastik. Plastik dapat dibuat menjadi film atau serat sintetis.

Plastik dirancang dengan berbagai sifat seperti tahan panas, kekerasan, daya tahan, dan lain-lain.

Untuk mengetahui apakah jenis perabotan plastik yang Anda gunakan aman atau tidak berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis bahan plastik yang apabila digunakan dapat menyebabkan beberapa bahaya.

1. . Polystyrene (PS) 

Jenis plastik polystyrene banyak dipakai sebagai bahan pembuatan Styrofoam, tempat makanan beku dan siap saji, piring, garpu, dan sendok plastik. Meskipun dibuat piring, garpu, dan sendiok, jenis plastik ini sangat tidak dianjurkan untuk pembungkus makanan. Hal itu dikarenakan, plastik PS dapat mengeluarkan zat styrene jika tersentuh dengan makanan dan minuman apalagi dalam kondisi panas.

BACA JUGA

2. HDPE atau PE-HD

Selanjutnya kode HDPE menjelaskan bahwa kemasan plastik menggunakan jenis high-density polyethylene. HDPE mempunyai ketahanan kimia yang baik, sehingga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan botol plastik untuk produk minuman, sampo, detergen, oli motor, cairan pemutih, dan galon air minum isi ulang. Namun apabila digunkan sebagai tempat makanan dan minuman sangatlah berbahaya, Anda harus hati-hati memilih jenis produk dari bahan plastic dikarenakan untuk zaman sekarang banyak oknum-oknum yang salah dalam menggunakannya.

3. PVC atau V

Bahan PVC ada yang bersifat fleksibel dan kaku. PVC yang bersifat fleksibel biasanya digunakan untuk plastik penampung sampah medis, pembungkus daging, dan plastik penutup wadah makanan. Sementara itu, PVC yang bersifat kaku kerap digunakan untuk bahan bangunan, seperti pipa atau pagar. Karena zatnya yang sangat beracun, penggunaan PVC dilarang sebagai bahan baku kemasan plastik untuk makanan dan minuman. Sangatlah berbahaya.

BACA JUGA:

4. Polycarbonat

Sumber: