Apa Hukumnya Membawa HP yang Ada Al-Qurannya ke Kamar Mandi? Jawaban Habib Ja'far Bikin Kaget

Apa Hukumnya Membawa HP yang Ada Al-Qurannya ke Kamar Mandi? Jawaban Habib Ja'far Bikin Kaget

Habib Husein Bin Ja'far Al Hadar.--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Pendakwah Habib Husein Bin Ja'far Al Hadar dalam sebuah konten di kanal youtube @aslahchannel8829 pernah ditanya oleh salah seorang jamaahnya dengan pertanyaan, boleh tidak ke kamar mandi/WC membawa handphone yang ada Al-Quran nya?

Lantas, ketika itu Habib yang kini sedang viral di berbagai sosial media (Sosmed) itu menjelaskan, secara fikih hal itu diperbolehkan. Karena yang tidak boleh dibawa itu mushafnya atau kitabnya.

Sebagaimana orang yang menghafal Quran atau ia memang penghafal Quran, masa tidak boleh masuk kamar mandi. Karena di otaknya ada Al-Qurannya. 

Terus masa waktu orang itu mau buang air kecil (kencing) atau buang air besar (BAB), otaknya diluar? harus di lepas atau dicopot dulu, kan tidak. 

Tapi kenapa tidak ada yang bertanya, boleh tidak membawa handphone yang di dalamnya ada aplikasi mi chat ke masjid? Kan harusnya hal samacam itu juga ditanyakan.

Lalu bagaimana jika ada yang bertanya seperti itu, Habib Ja'far menjawab dengan candaan, ya seharusnya jangan di download kalau mau ke masjid.

BACA JUGA:  Apa Hukumnya Berwudhu Tapi Telanjang?

Hakikatnya Al-Quran adalah bukti kecintaan Alllah kepada hamba-Nya siapa pun itu. Keutamaan membaca Al-Quran banyak sekali disebutkan di dalam hadis Nabi juga penjelasan para ulama.

Membaca Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam. Keutamaan membaca Al-Quran berlaku tidak hanya untuk mereka yang sudah dapat membacanya dengan lancar.

Bahkan, orang yang masih terbata-bata membaca Al-Quran juga dijanjikan pahala oleh Allah. 

Hal ini ditegaskan dalam sebuah hadist Rasulullah yang diriwayatkan dari istri Nabi , sayidah Aisyah radiyallahu anha: 

Artinya : "Seseorang yang lancar membaca Al-Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan selalu senantiasa taat kepada Allah. Adapun yang membaca Al-Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut, maka baginya dua pahala." (HR. Muslim)

BACA JUGA:   Syekh Ali Jaber Jelaskan Alasan Mengapa Sehabis Shalat Mesti Istighfar

Selain membaca, kita juga dianjurkan untuk memperindah bacaan Al-Quran, namun tetap sesuai kaidah cara membaca Al-Quran atau tajwid.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad dalam hadist yang diriwayatkan dari Al-Barra' bin Azib:

Artinya : "Hiasilah Al-Quran dengan suaramu (yang merdu), karena sesungguhnya suara yang indah (merdu) itu dapat menambah Al-Quran semakin indah." (HR Abu Dawud 1648, An-Nasa'i 1015, dan Al-Darimi 3501)

Di zaman sekarang, selain sudah banyak tersedia mushaf yang dilengkapi dengan terjemahan artinya. Juga sudah banyak mushaf digital salah satunya dalam bentuk aplikasi yang bisa kita gunakan dan baca sehari-hari. 

Sumber: