Bupati : Pemberantasan Pungli Dimulai dari Diri Sendiri

Bupati : Pemberantasan Pungli Dimulai dari Diri Sendiri

Jajaran Forkopimda dan peserta saat ikuti giat FGD UPP Saber Pungli di Ruang Pola Setda RL, kemarin.-IST/CE -

REJANGLEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Satgas Saber Pungli menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan tersebut digelar pada Kamis (9/11) kemarin di Ruang Pola Setda Rejang Lebong. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Rejang Lebong tahun 2023 serta membangun budaya anti Pungli.

Kompol Yusiady SIK MH mengatakan, berdasarkan hasil monitoring bahwa PAD Kabupaten Rejang Lebong dari bulan Januari sampai dengan September 2023 lalu berada diangka 63,81 persen.

BACA JUGA:

"Dalam kurun waktu kurang lebih 9 bulan di tahun 2023, PAD Rejang Lebong sudah diangka 63,81 persen," ucapnya

Lanjut dia, selama periode itu UPP Kabupaten Rejang Lebong telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk mencegah terjadinya Pungli dan melaksanakan penindakan apabila ditemukan indikasi Pungli.

Dalam hal ini pihaknya berharap, kepada seluruh peserta dan narasumber untuk dapat bersama-sama memberi solusi, masukan dan arahan terkait peran serta UPP Kabupaten Rejang Lebong dalam membantu peningkatan PAD Kabupaten Rejang Lebong di masa-masa yang akan datang.

"Melalui kegiatan ini juga kamu berharap selursaer uh peserta bisa memberikan saran masukan agar peran serta UPP ke depan bisa lebih baik," harapnya.

Terpisah, Bupati Rejang Lebong Drs H Syamsul Effendi MM menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Satgas Saber Pungli UPP Kabupaten Rejang Lebong atas kerja keras dan dedikasi yang telah dilakukan selama ini.

"Pertama tentu kami ingin berterimakasih atas kerja keras Satgas Saber Pungli UPP Rejang Lebong. Karena alhamdulillah capaian PAD kita sudah semakin meningkat dari jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," jelas Bupati.

Ditegaskan Bupati, pemberantasan Pungli harus dimulai dari sendiri. Stop pungli di wilayah Kabupaten Rejang Lebong. Mulai sekarang secara bersama-sama lakukan pembenahan di seluruh aspek pelayanan, tutup semua cela yang bisa menimbulkan atau peluang terjadinya Pungli.

"Di setiap pelayanan masyarakat itu semaksimal mungkin kita tutup celah yang berpeluang terjadi Pungli, agar Rejang Lebong benar-benar bebas dari hal itu," tuturnya.

BACA JUGA:

Selain itu, Bupati juga mengajak seluruh elemen pemerintahan untuk meningkatkan komitmen memberantas Pungli khususnya dalam wilayah kerjanya masing-masing.

"Dengan demikian, semoga pelayanan publik dapat meningkat dan investasi semakin baik serta pelayanan kepada masyarakat juga dapat optimal dan tidak dibebani biaya-biaya yang semestinya itu tidak ada," ungkapnya.

Sumber: