Jangan Khawatir Musim Hujan, Konsumsi Ramuan Herbal Temulawak Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh!

  Jangan Khawatir Musim Hujan, Konsumsi Ramuan Herbal Temulawak Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh!

makanan penambah imun-ist-

CURUPEKSPRESS.COM - Seperti yang kita ketahui bersama, belakangan ini kerap turun hujan yang tak menentu. Kadang hujan turunnya pagi, kadang siang, malam, bahkan subuh.

Namun kalian tidak perlu khawatir dengan hujan tersebut, karena dengan mengkonsumsi temulawak, imunitas tubuh kita bisa tetap terjaga sepanjang waktu.

BACA JUGA:Penyakit Autoimun: Mengapa Perempuan Lebih Rentan terhadap Penyakit Ini?

Adapun manfaat temulawak untuk kesehatan sudah sejak lama dikenal masyarakat Indonesia. Berkat kandungan dari berbagai senyawa alami di dalamnya, tanaman berkhasiat ini secara turun-menurun telah digunakan sebagai jamu atau obat herbal tradisional.

 

Temulawak atau yang dikenal dengan Curcuma zanthorrhiza adalah tanaman herbal asli Indonesia yang kerap dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, mulai dari kurang nafsu makan, gangguan lambung, sembelit, diare, demam, radang sendi, hingga gangguan fungsi hati. Tanaman ini masih kerabat dekat dengan kunyit.

BACA JUGA:Imunisasi Campak Rubella (MR) Capai 73,30 Persen

Bahkan beragam manfaat temulawak untuk kesehatan telah dibuktikan oleh studi ilmiah yang mengungkapkan bahwa, temulawak mengandung beragam senyawa yang baik untuk kesehatan, seperti terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorrhizol. Beragam senyawa aktif tersebut diketahui memiliki sifat antioksidan, antiradang, antimikroba, antikanker, dan antidiabetes.

 

Bagian rimpang induk dan akar temulawak adalah bagian yang paling berkhasiat dan paling banyak mengandung senyawa aktif. Oleh karena itu, bagian inilah yang sering diambil dan dimanfaatkan untuk pengobatan.

 

Berikut khasiat dari temulawak untuk kesehatan manusia : 

 

1. Memperkuat imunitas tubuh

Sumber: