Mengapa Tidur Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Sakit Kepala?

  Mengapa Tidur Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Sakit Kepala?

CE Mengapa Tidur Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Sakit Kepala-ist-

HEALT, CURUPEKSPRESS.COM - Tidur merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan. Namun, seperti pepatah lama mengatakan sesuatu yang berlebihan itu buruk, begitu juga dengan tidur terlalu lama. Meskipun tidur merupakan kebutuhan biologis, namun terlalu banyak tidur juga dapat menimbulkan dampak kesehatan yang tidak diinginkan.

 

Tidur terlalu banyak, meski terkesan membuat Anda merasa rileks dan segar, ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk sakit kepala yang muncul setelah tidur terlalu lama. Menurut para ahli medis, kondisi ini bisa terjadi karena berbagai sebab.

BACA JUGA:10 Langkah Sederhana untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Gangguan Ritme Tidur

Salah satu penyebab utama sakit kepala setelah tidur terlalu lama adalah ketidakseimbangan dalam tidur seseorang. Manusia memiliki jam biologis internal yang mengatur siklus tidur dan bangun. Tidur terlalu banyak dapat mengganggu jam biologis tubuh sehingga menyebabkan ketidakseimbangan dan akhirnya berujung pada sakit kepala.

 

Efek Samping dari Tidur yang Berlebihan

Tidur terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit kepala karena efek sampingnya. Ketika seseorang tidur lebih dari yang dibutuhkan tubuhnya, hal itu dapat memengaruhi tekanan darah, meningkatkan kadar hormon, dan menyebabkan perubahan aliran darah ke otak. Semua ini bisa menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur.

 

Kondisi Medis yang Mendasari

Terkadang sakit kepala setelah tidur terlalu lama juga bisa merupakan gejala dari kondisi medis tertentu, seperti sleep apnea atau insomnia, yang menyebabkan tubuh harus beristirahat. Istirahat lebih lama dari biasanya. Dalam kasus ini, sakit kepala bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

BACA JUGA:Minum Air Setelah Bangun Tidur Bermanfaat untuk Kesehatan

Pentingnya Keseimbangan

Sumber: