8 Jenis Rezeki Telah Allah Janjikan Dalam Al-Quran

8 Jenis Rezeki Telah Allah Janjikan Dalam Al-Quran

Sumber foto @Istana Yatim--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Tidak ada satupun makhluk yang hidup di muka bumi ini, kecuali telah Allah jamin rezekinya. Yang perlu diketahui dan digaris bawahi ialah, rezeki tidak melulu soal materi atau uang. Rezeki juga dapat berupa iman dan takwa, kesehatan, umur panjang, kebahagiaan, dan keluarga.

Karena setiap makhluk telah Allah beri dan Allah janjikan rezeki dalam hidupnya, maka janganlah kalian sebagai umat muslim merasa khawatir dan gelisah tidak kebagian rezeki.

Namun, manusia sebagai orang yang berakal dan memiliki pikiran, hendaknya tetap berusaha mencari dan menjemput rezeki disertai dengan rasa syukur dan keyakinan penuh jika Allah pasti memberikan rezeki dari pintu yang tidak disangka-sangka.

BACA JUGA: Amalan Hari Jumat yang Bila Dikerjakan, Bisa Mendatangkan Rezeki Berlipat Ganda

 

Dilansir dari akun TikTok @pemudahijrah yang telah mendapat like lebih dari 57,7 ribu akun, ada 8 jenis rezeki yang Allah sebutkan dalam Al-Quran.

 

1. Rezeki yang Telah Dijamin (Surah Hud ayat 6)

 

Allah Subhanahu wa taala berfirman yang bunyinya sebagai berikut:

 

۞ وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

 

Artinya: "Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)". (QS. Hud ayat 6)

 

2. Rezeki Karena Usaha (Surah An Najm ayat 39-41)

 

Allah berfirman yang bunyinya sebagai berikut, 

 

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ وَأَنَّ سَعْيَهُۥ سَوْفَ يُرَىٰ  ثُمَّ يُجْزَىٰهُ ٱلْجَزَآءَ ٱلْأَوْفَىٰ

 

Artinya: "Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna". (QS An-Najm ayat 39-41)

BACA JUGA:

 

3. Rezeki Karena Bersyukur (Surah Ibrahim ayat 7) 

 

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

 

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (QS. Ibrahim ayat 7)

 

4. Rezeki Karena Bertakwa kepada Allah dan Tidak Terduga (Surat At-Talaq Ayat 3)

 

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

 

Artinya: "Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka nya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu". (Q.S At-Talaq:3)

BACA JUGA:

 

5.  Rezeki Karena Beristighfar (Surat Nuh ayat 10-12) 

 

فَقُلْتُ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَٰلٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّٰتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَٰرًا

 

Artinya: "Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-, Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai". (QS. Nuh ayat 10-12)

 

6. Rezeki Karena Menikah (Surah An-Nur ayat 32) 

 

Dalam Al-Quran Allah Subhanahu wa tala berfirman bahwa rezeki akan datang ketika seorang hamba menikah, 

 

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

 

Artinya: "Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui". (QS. An-Nur ayat 32)

BACA JUGA:

7. Rezeki Karena Anak (Surah Al Israa ayat 31) 

 

Dalam ayat tersebut Allah Subhanahu wa tala berfirman sebagai berikut, 

 

وَلَاتَقْتُلُوْٓا اَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ اِمْلَاقٍۗ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَاِيَّاكُمْۗ اِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْـًٔا كَبِيْرًا

 

Artinya : "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar." (QS. Al Israa ayat 31 

BACA JUGA:

 

8. Rezeki Karena Bersedekah (Surah Al-Baqarah ayat 245) 

 

Allah Subhanahu wa taala telah berfirman dalam ayat tersebut sebagai berikut,

 

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

 

Artinya : "Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya alah kamu dikembalikan". (QS. Al-Baqarah ayat 245).

 

Demikianlah pembahasan artikel ini tentang 8 jenis rezeki yang Allah Subhanahu wa taala janjikan kepada hamba-Nya dalam Al-Quran.

Sumber: