Maksimalkan Pemilu 2024, Pemkab Terancam Menunggak Utang BPJS

Maksimalkan Pemilu 2024, Pemkab Terancam Menunggak Utang BPJS

NPHD yang dilaksanakan Pemkab Kepahiang.--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Demi memaksimalkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, termasuk Pilihan Kepala Daerah (Pilkada). Pembayaran tunggakan BPJS Kesehatan terancam ditunggakkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang.

 

Bagaimana tidak, demi mencukupi pemberian dana hibah untuk anggaran Pemilu KPU dan Bawaslu pada NPHD kemarin. Anggaran yang sudah diwacanakan untuk pembangunan daerah terpaksa dialihkan untuk biaya Pemilu 2024.

 

Bahkan tak tanggung-tanggung, sebagai gantinya sejumlah OPD harus rela jika anggaran mereka akan dipangkas sesuai dengan penghitungan yang sudah dikaji. 

BACA JUGA:

"Sudah pasti ada pemangkasan, pasti ada yang dikorbankan. Sebab dengan adanya penambahan anggaran Pilkada yang sudah kita sepakati ini, banyak kegiatan ataupun anggaran yang ada di OPD yang tidak bisa kita akomodir sepenuhnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan, pembayaran tunggakan BPJS kesehatan kita digeser dan tunda sementara waktu," ujar Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU.

 

Dijelaskan bupati, sebenarnya untuk menggeser bahkan menunda pembayaran tunggakan BPJS Kesehatan ini, merupakan suatu hal yang berat untuk dilakukan oleh Pemkab Kepahiang. Sebab mengingat tupoksinya, BPJS ini diperuntukkan untuk masyarakat di Kabupaten Kepahiang sebagai jaminan kesehatan.

BACA JUGA:

Karena itu menurut bupati, sangat disayangkan jika pemerintah terpaksa kembali menunda pembayaran BPJS tersebut.

 

"Yang jelas saat ini kita kaji terlebih dahulu soal kebutuhan anggaran di Kepahiang. Akan kita bahas lebih lanjut anggaran mana saja yang akan dipangkas. Karena data tahap awal pemangkasan anggaran ini sudah ada. Hanya tinggal bagaimana cara kita merasionalisasi anggaran yang ada ini sebaik mungkin untuk mencukupi semua kebutuhannya," kata bupati.

BACA JUGA: Bupati Kepahiang Ajak Masyarakat dan Jajaran Pemkab Sukseskan Pemilu 2024

Bupati juga menegaskan, dengan anggaran hibah yang telah ditambah dan diberikan untuk mengakomodir serangkaian kegiatan Pilkada 2024 nanti. Diharapkan dapat berjalan lancar dan sukses sesuai dengan yang diinginkan.

 

"Dengan penambahan anggaran ini, mudah-mudahan penyelenggaraan seluruh tahapan Pilkada di Kepahiang dapat berjalan sukses, dan sesuai harapan," tutup bupati.

Sumber: