Asesmen MTs dan MI Berbasis CBT, Ini Jadwal Pelaksanaannya!

 Asesmen MTs dan MI Berbasis CBT, Ini  Jadwal Pelaksanaannya!

Pelaksanaan Asesmen di salah satu madrasah di Kabupaten Rejang Lebong - DOK/CE-

PENDIDIKAN,CURUPEKSPRESS.COM - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong telah menetapkan jadwal asesmen tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) semester genap tahun ajaran 2023/2024  akan mulai dilaksanakan pada Kamis 25 April hingga Rabu 28 Mei mendatang. 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong Lukman SAg MH melalui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi PenMad) Adrihadi SAg MH mengatakan bahwa pada pelaksanaan Asesmen di Kabupaten Rejang Lebong akan dilaksanakan berbasis Computer Based Test komputer (CBT), yang dinilai lebih efisien digunakan. 

"Untuk Asesmen madrasah di Kabupaten Rejang Lebong sendiri akan dilaksanakan berbasis CBT yang mana masing - masing madrasah bisa menggunakan perangkat Komputer, Laptop, Chromebook, bahkan  gadget  dalam pelaksanaannya," ujar Adri. 

BACA JUGA: MTs Negeri 2 Rejang Lebong Gelar Tryout Berbasis Komputer

BACA JUGA:Alokasi Anggaran Seragam Gratis Rp 1,6 Miliar, Sekolah MTs Juga Kebagian

 

Dijelaskan Adri bahwa tujuan dilaksanakan AM tersebut diantaranya yakni sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa, sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran madrasah, serta salah satu syarat penentuan kelulusan.

"Meskipun kelulusan peserta AM pada tahun ini ditentukan dari masing - masing Madrasah, akan tetapi kami mohon agar dapat dipersiapkan semaksimal mungkin, karena AM tersebut menentukan kredibilitas masing - masing madrasah dan jika masih ada siswa yang mendapatkan nilai maka nilai akreditasi Madrasah tersebut perlu dipertanyakan," jelasnya.

Sementara itu, Adrihadi meminta agar Asesmen tersebut dapat menjadi perhatian bersama para pihak yang terkait dalam pelaksanaannya sehingga dapat terlaksana dengan baik.

BACA JUGA:MTs Nurul Fatah Kekurangan Ruangan Kelas, Solusinya Pinjam Bangunan SMPN 32 RL

BACA JUGA:Ini 5 MTs Terfavorit di Rejang Lebong, Bisa Jadi Rujukan PPDB

 

"Dimohon agar dapat dipersiapkan semaksimal mungkin, kepada orang tua agar tidak terlalu membebani anak - anaknya terhadap pekerjaan di rumah, biarkan anak - anak tersebut bisa fokus terhadap Asesmen tersebut, dan kepada anak -anak selagi masih ada waktu kami harapkan agar dapat mempersiapkan segala macam yang dibutuhkan," pungkasnya.

Sumber: