Hebat! Lia Jauharotul Afifah, Peraih Beasiswa Pertukaran Guru ke Amerika

Hebat! Lia Jauharotul Afifah, Peraih Beasiswa Pertukaran Guru ke Amerika

DOK/CE LIA Jauharotul Afifah S Pd I --

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM  - Lia Jauharotul Afifah S Pd I (29) merupakan salah seorang guru mata pelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Jannah yang mendapatkan beasiswa pertukaran guru American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF).

BACA JUGA :  Warga Dwi Tunggal Cium Dugaan "Permainan Zonasi" 

Program tersebut merupakan program kolaborasi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) yang dibiayai langsung oleh Pemerintahan Amerika.

Sosok guru berprestasi yang akrab di sapa Umi Lia, mengaku diperolehnya beasiswa tersebut berawal dari keisengan dirinya yang mendaftar di salah satu program beasiswa yang informasinya didapatnya di internet pada tahun 2021 lalu. 

BACA JUGA :  Dugaan "Permainan Zonasi" Disayangkan Dewan Pendidikan 

"Yang pastinya untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut perlu proses yang panjang, kita mengikuti seleksi berkas, ujian secara esay, juga wawancara dan harus menunggu persiapan berkas selama kurang lebih setengah tahun serta kita harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris sesuai dengan ketentuan dari mereka, memiliki pengalaman mengajar di sekolah selama minimal 3 tahun agar bisa  mendaftar di program beasiswa tersebut," ujar Lia.

BACA JUGA : Dugaan "Permainan Sistem Zonasi" Disambangi Dewan Pendidikan, Kacabdin ke Bengkulu  

Dikatakan Lia, dalam beasiswa pertukaran guru tersebut dirinya akan melakukan observasi di sekolah-sekolah yang ada di sana serta dirinya akan kuliyah lagi disana selama satu semester, pada perkuliahan tersebut nantinya akan diajarkan tentang pengelolahan sekolah, mempelajari kurikulum pembelajaran di sana dan diharapkan setelah pulang dari sana bisa di kembangkan di Indonesia.

"Dijadwalnya kegiatan tersebut akan saya ikuti pada bulan Agustus hingga Desember nanti, dan semoga semuanya berjalan dengan baik," pungkas Lia.

Sumber: