Jelang HUT KemRI ke-77, Kaum Veteran Sampaikan Harapan

Jelang HUT KemRI ke-77, Kaum Veteran Sampaikan Harapan

DOK/CE Mamad Yudhianto--

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 tahun 2022 ini. Terdapat secercah harapan yang diungkapkan Legiun Veteran Kabupaten Rejang Lebong ketika disambangi wartawan CE pada Kamis (11/8) kemarin.

Disampaikan Anggota Veteran Inti, Mamad Yudhianto yakni harapan di setiap perayaan HUT RI, yang pertama ialah masyarakat harus tahu dan paham siapa yang memerdekakan negara ini.

Ketika sudah mengetahui hal itu, mereka yang memperjuangkan negara ini dan masih hidup patut dihadirkan.

"Ingatlah selalu jasa para pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan negara," ungkapnya.

Lebih lanjut Mamad mengatakan, semoga dengan bertambahnya usia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ke 77 ini.

Kaum veteran yang tersisa dan masih hidup saat ini bisa lebih diperhatikan keberadaannya baik oleh pemerintah maupun masyarakat umum.

Selain itu sambungnya, semoga dengan bertambah usia itu membawa keberkahan serta kebaikan untuk ke negara kedepannya.

"Karena apa yang didapat dari hasil perjuangan di masa lalu haruslah selalu di banggakan dan disyukuri, dan jadilah bangsa yang utuh dan kompak," tuturnya.

"Intinya kami harapkan kedepan Indonesia jadi lebih baik lagi dari hari ini dalam segala hal," ujarnya.

Adapun pesan yang disampaikannya kepada kaum muda saat ini, anak muda yang peduli dan peka terhadap bela negara akan tahu apa arti dari bela negara itu sendiri.

Karena menurutnya, di dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sudah tercantum yakni hak segala bangsa. Untuk itu ke depannya kemerdekaan apalagi yang bisa dicapai oleh kaum muda.

"Karena pada kenyataannya kesadaran nasionalisme dalam diri anak muda sangat rendah. Apalagi mengenal yang namanya Veteran, apa arti Veteran itu mereka tidak tahu. Oleh karenanya mereka ini harus diberi tahu dan disadarkan, minimal anak muda ini tahu bahwa orang-orang dulu yang memperjuangkan Rejang Lebong ini masih ada," jelasnya.

Sementara itu Mamad juga menambahkan, jumlah anggota Veteran di Kota Curup saat ini hanya tersisa 4 orang saja.

Sedangkan untuk se Kabupaten RL masih ada sekitar 28 orang.

"Kami juga turut berduka, karena tahun demi tahun belakangan ini anggota Veteran itu meninggal dunia. bahkan dalam setahun ada 2 orang yang meninggal, jadi kami tentu sedih, dimana teman-teman seperjuangan kami dulu satu persatu wafat," tandasnya. 

 

Sumber: