Dari 93 Desa di Lebong, Baru 14 Desa Ajukan Pencairan DD

Rabu 08-11-2017,15:54 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

LEBONG, CE - Dari 93 Desa yang ada di Kabupaten lebong, baru sebanyak 14 desa yang sudah melakukan pengajuan berkas untuk pencairan Dana Desa (DD) tahap kedua. Dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Lebong, Reko Haryanto SSos MSi bahwa saat ini hampir semua desa yang belum mengajukan tersebut masih dalam proses penyiapan persyaratan pengajuan pencairan DD.

"Saat ini baru ada 14 desa yang sudah menyerahkan berkas pengajuan untuk pencairan DD tahap kedua ini," katanya.

Namun diakui Reko, dari 14 desa yang sudah mengajukan berkas tersebut, hanya 5 desa yang siap direkomendasikan oleh PMDSos untuk pencairan tahap kedua tersebut. Karena hanya 5 desa tersebut yang saat ini sudah melengkapi syarat.

Kelima desa tersebut yakni, Desa Sukau Kayo kecamatan Lebong Atas, Desa Pelabai, Sukau Datang, dan Suka Datang 1 Kecamatan Pelabai, serta Desa Ketenong Jaya Kecamatan Pinang Belapis.

"5 desa sudah bisa kita rekomendasikan untuk pencairan karena telah melengkapi semua persyaratan hanya tinggal menunggu dana tersebut masuk ke kas daerah saja lagi, jika telah masuk segera kita berikan rekomendasi," ungkaonya.

Untuk DD yang bersumber dari APBN tersebut hingga saat ini belum masuk ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Kabupaten Lebong. Yang mana dalam tahapannya DD tersebut di transfer dari Rekening Kas Negara (RKN) ke RKUD, setelah masuk baru ke kas daerah baru bisa di cairkan oleh Kepala Desa (Kades) setelah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) di daerah tersebut.

"Hingga kini Dana DD tersebut belum masuk ke Kas daerah, tapi hal tersebut dalam waktu dekat ini dana tersebut akan segera di transfer dari RKN ke RKUD. Untuk saat ini kepala desa sudah bisa melakukan pengajuan untuk pencairan tahap kedua tersebut," kata Reko. Sementara itu, pencairan tahap DD tahap kedua ini sebesar 40 persen dari total DD yang diterima Kabupaten Lebong secara Keseluruhan sebelum pencairan tahap pertama Sebesar Rp.72.563.476.000. Sedangkan total ADD keseluruhan sebesar Rp 42.278.055.400. (CE4)

Tags :
Kategori :

Terkait