Catat! Waktu Baik Berqurban Hanya Berlaku 4 Hari

Catat! Waktu Baik Berqurban Hanya Berlaku 4 Hari

NICKO/CE Pemotongan qurban di Kemenag RL--

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM   - Kepala Kantor (Kakan) Kemeneterian Agama (Kemenag) Rejang Lebong (RL) Dr H Nopian Gustari SPdI MPdI, melalui Kasi Bimas Islam Drs H Akhmad Hafizuddin MHI menjelaskan, waktu yang baik melaksanakan pemotongan hewan qurban hanya 4 hari sejak ditetapkannya 10 Dzulhijjah atau hari raya qurban.

BACA JUGA : Diduga Cabuli Rekan Kerja, Oknum THL di Laporkan ke Polisi

Dimana 4 hari tersebut terbagi menjadi 2, yakni 1 hari nahr pada 10 Dzulhijah, dan 3 hari setelah idul adha atau  hari tasyrik pada tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijah.

BACA JUGA : Admin Terduga Arisan Bodong Diamankan 

"Untuk yang melaksanakan Salat Id pada tanggal 10 kemarin, itu pelaksanaan qurbannya bisa dilaksanakan sampai hari Rabu besok. Jika lewat dari hari Rabu ba'da Ashar,  maka hukumnya bukan qurban, melainkan pemotongan biasa," ujarnya.

BACA JUGA :  Admin Arisan Bodong Belum Jadi TSK 

Adapun penjelasannya soal hari-hari baik dalam pemotongan hewan qurban. Sambung Hafiz, terdapat pada dalil fiqih yang terdapat di  Al-qur'an, yang menjelaskan  pemotongan qurban yang dilakukan sejak 10 Dzulhijah tersebut, dilaksanakan saat para jemaah haji (JH) melakukan pelontaran jemarat, baik itu jemarat aqabah, ula, dan juga jemarat wusta.

BACA JUGA :  Korban Minta Itikad Baik BA 

Dimana pemotongan qurban juga baru boleh dilakukan sesudah pelaksanaan shalat Id, atau lebih tepatnya saat khatib turun dari mimbar.

BACA JUGA : Viral! Kasus Investasi Bodong di Curup 

"Tidak termasuk pemotongan hewan qurban apabila masyarakat melaksanakan pemotongan hewan sebelum selesai pelaksanaan salat id," ucapnya.

BACA JUGA : Rumah Pelaku Arisan Bodong Disegel 

Karena nya Hafiz menyampaikan, apabila hingga Rabu besok  masih ada yang ingin berqurban, maka hukumnya diperbolehkan sampai dengan sebelum Salat Asar.

"Silahkan untuk masyarakat yang masih ingin melaksanakan qurban, karena masih ada waktu tasyrik untuk melaksanakan qurban," sampainya.

BACA JUGA : Duit Korban Arisan Bodong Terancam Tak Kembali

Disisi lain disampaikannya,  Kemenag RL sendiri telah melaksanakan pemotongan qurban di halaman Kantor Kemenag RL pada Senin (11/7) kemarin. 

BACA JUGA : Kasus Arisan Bodong Seret Tersangka Baru 

Tahun ini Kemenag RL berqurban  sebanyak 11 ekor sapi dan juga 1 ekor kambing, yang merupakan qurban dari para aparatur sipil negara (ASN) yang berada di bawah naungan Kemenag.

BACA JUGA : Kasus Arisan Bodong, Korban Diminta Bersabar 

"Alhamdulillah, untuk hewan yang diqurbankan pada tahun ini jumlahnya masih sama seperti tahun kemarin. Dimana antusias para ASn dibawah naungan Kemenag masih sangat tinggi untuk melaksanakan qurban," tukasnya.

Sumber: