Dewan Harapkan Mal Pelayanan Publik RL Serba Komplit

Dewan Harapkan Mal Pelayanan Publik RL Serba Komplit

ARI/CE Kondisi gedung UPP yang bakal jadi MPP--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rejang Lebong menyambut baik rencana keberadaan mal pelayanan publik (MPP).

Apalagi MPP tersebut berlokasi di Gedung Universitas Pat Petulai (UPP). 

Wakil Ketua (Waka) I DPRD RL, Surya ST meminta fasilitas dan sarana prasarana (Sarpras) yang ada di MPP nantinya harus benar-benar lengkap sesuai dengan keinginan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenparRB) RI.

"Selain mendukung, kami juga minta kepada Pemda untuk memastikan fasilitas di MPP itu harus lengkap dan komplit sebagimana mestinya," sampai Surya.

BACA JUGA:Butuh Anggaran Ratusan Juta, Tambah Infrastruktur Mall Pelayanan Publik (MPP)

BACA JUGA:Pembangunan MPP Masuki Tahap Kajian Akademik

Serba komplit yang dimaksud, terang Surya, ialah karena MPP tempat pelayanan masyarakat dan tempat berkumpulnya orang, maka fasilitas-fasilitas pendukung harus ada disana.

Mulai dari tempat duduk yang nyaman, toilet/WC, taman anak-anak, mushola, ruang laktasi, kantin, dan lain sebagainya.

"Kemudian juga jangan lupa, agar semua ruangan diberi air conditioner (AC) atau kipas angin. Bukan tanpa alasan, karena banyak orang yang berkunjung sudah pasti udara terasa panas," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten RL, Afni Sardi mengatakan, ada banyak rancangan fasilitas yang nanti tersaji di MPP. Karena ini pelayanan umum, maka semua aspek bagian diupayakan ada didalamnya.

BACA JUGA:Gedung UPP jadi Mall, Lalu Kampus UPP Kemana?

BACA JUGA:Mahasiswa UPP Tolak Pindah Kampus

"Akan kami upayakan dengan anggaran yang tersedia nanti bisa memenuhi standar pelayanan yang diminta oleh MenparRB," kata Afni.

Di dalam MPP sendiri menurutnya, akan ada banyak jenis pelayanan. Mulai dari pelayanan administrasi daerah hingga pelayanan hukum dan keuangan.

"Nanti akan ada banyak pelayanan yang tersedia di MPP, pelayanan dari Pemda RL Polrest, Samsat, KPP Pratama, Kantor Pertanahan, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Perbankan dan lain sebagainya," singkatnya.

Diberitakan sebelumnya, Wabup Rejang Lebong H Hendra Wahyudiansyah SH mengatakan, jika wacana dan keputusan pendirian Mal Pelayanan Publik (MPP) sudah final.

BACA JUGA:Final, Mall Akan Didirikan di UPP Wabup Pastikan Kampus Tidak Dipindahkan

Dimana MPP akan dipusatkan di UPP yang sejak awal memang ditargetkan untuk menjadi MPP karena memenuhi kriteria dan persyaratannya.

Ditemui wartawan CE usai mengikuti rapat koordinasi (rakor) revisi statuta tahun 2022 di ruang rapat Yayasan Pat Petulai RL pada Kamis 22 September lalu, Wabup menegaskan meskipun MPP akan didirikan di UPP, dipastikan kampus UPP tidak akan dipindahkan.

Ini karena untuk pendirian MPP hanya menggunakan gedung maupun ruangan-ruangan kosong yang selama ini belum diberdayakan oleh pihak Kampus UPP.

"Sesuai dengan agenda awal, saat ini keputusan final pendirian MPP tetap akan dilaksanakan di UPP yang merupakan gedung eks rumah sakit. Namun saya pastikan, MPP hanya akan memakai gedung dan ruangan yang belum diberdayakan saja dengan pihak kampus. Jadi UPP tidak akan dipindah, melainkan akan berdampingan dengan MPP," ucapnya. 

Sumber: