Bupati Buka Pelatihan Desa Wisata Baru Manis

Bupati Buka Pelatihan Desa Wisata Baru Manis

CW/Ce Bupati RL saat menghadiri kegiatan pelatihan Desa Wisata di desa Baru Manis. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam rangka mengelola potensi wisata ditingkat desa di Rejang Lebong. Desa Baru Manis Kecamatan Bermani Ulu menggelar pelatihan pengelolaan desa wisata. 

Menariknya dalam kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati RL  Drs H  Effendi MM dan didampingi oleh Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (Pmd), Kadis Pariwisata, Jajaran pemerintah, Perwakilan Kecamatan BU, Koordinator Pendamping desa dan masyarakat pelatihan. 

"Kami harap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, serta kegiatan ini juga bisa memberikan hal yang positif guna meningkatkan ekonomi yang ada di desa Baru Manis ini. Acara ini saya buka dan saya resmikan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim," ungkap Bupati saat membuka sosialisasi tersebut. 

Lanjut Bupati pihaknya selalu Pemkab sangat mengapresiasi langkah yang tepat diambil oleh Kepala Desa (Kades) Baru Manis. Dimana mempelopori pelatihan pengelolaan Desa wisata ini. 

BACA JUGA: FK-BPD Usul BOP 15 Persen

BACA JUGA: Siap-Siap Mulai Hari Ini, Ops Zebra Nala 2022 Di Gelar

"Program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Rp100.000.000 (seratus juta) per Desa sudah mulai kita realisasikan, pada kesempatan ini Desa Baru Manis ini yang mempelopori kegiatan pelatihan pengelolaan Desa wisata dari alokasi BKK Rp100 juta. Kelola dengan baik, tertib administrasi dan kembangkan lah potensi-potensi wisata yang terdapat di Desa Baru Manis ini agar kedepannya Wisata Desa Baru Manis ini bukan hanya dilirik oleh masyarakat Rejang Lebong saja melainkan juga bisa menarik perhatian pengunjung dari luar Daerah Rejang Lebong kita," ungkap Bupati

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong Suradi Rifai,SP.,M.Si mengatakan pihaknya selalu mengupayakan dan memotivasi semua jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) di semua Desa dalam wilayah Kabupaten Rejang Lebong ini.

Dengan tujuan agar Desa benar-benar bisa berdaya saing dan bisa membangkitkan ekonomi kreatif dampaknya untuk kemajuan dan pengembangan aset potensi wisata terdapat di Desa.

"Sekali lagi kami sampaikan terimakasih pada Pak Bupati beserta rombongan telah berkenan hadir dan mensupport selalu kegiatan yang dilaksanakan oleh jajaran Pemerintah Desa terutama dalam hal ini pelatihan pengelolaan Desa wisata ini," ujar Kadis PMD.

BACA JUGA: Asik !! Honorer Bakal Dapat BSU

BACA JUGA: Dikbud UPT PUT, Peringatan HGN Dipusatkan di SD

Selain itu juga Kepala Desa (Kades) Baru Manis Sofyan Effendi menuturkan, sebanyak 37 peserta delegasi dari berbagai lembaga dan unsur masyarakat yang di ikut sertakan dalam pelatihan pengelolaan Desa wisata di Desa Baru Manis yang dipimpinnya ini.

"Ada sejumlah 37 orang peserta pelatihan pengelolaan Desa wisata. Ke-37 orang ini ada diambil dari perwakilan unsur masyarakat, Tokoh Pemuda, pengurus Karang Taruna dan pelaku usaha ekonomi kreatif di bidang pengembangan potensi wisata," tutup kades.

Sumber: