Usulan Penerima BLT BBM Kepahiang Overload

Usulan Penerima BLT BBM Kepahiang Overload

Jan Johanes Dalos--

KEPAHIANG, CURUEKSPRESS.COM - Dinas Perdagangan koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) kepahiang terpaksa harus melakukan penundaan dalam penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang merupakan subsidi kenaikan bahan bakar minyak (BBM) pada masyarakat khususnya dari kelompok calon penerima yang bergerak dibidang usaha menegah kecil dan mikro (UMKM).

Disampaikan Kadis Dagkop UMK Kepahiang, Jan Johanes Dalos, penundaan penyaluran dikarenakan jumlah usulan yang diterima pihaknya dari masing-masing desa dan kelurahan se Kabupaten Kepahiang overload atau melebihi dari nilai anggaran yang disediakan Pemkab Kepahiang.

"Belum, kami masih melakukan verifikasi faktual (Verfak) dari data-data yang kami terima. Karena jumlah usulan terlalu banyak, sementara alokasi anggaran yang kami miliki terbatas," ucap Dalos.

Sebut Dalos, sampai dengan kemarin jumlah usulan yang sudah diterima pihaknya mencapai lebih dari 4000 calon penerima, sementara alokasi anggaran yang tersedia hanya untuk sebanyak 3200 penerima atau pelaku UMKM.

BACA JUGA: PonPes Darul Ma'arif NU Adakan Kegiatan HSN

BACA JUGA: Sebelum Difungsikan, Disperindagkop Lebong Susun Regulasi PTM

"Kami masih menunggu hasil verfak yang dilakukan oleh bagian koperasi. Harapan kami bisa diselesaikan dalam waktu dekat iniu," ujarnya.

Dengan banyaknya usulan calon penerima yang masuk dan keterbatasan anggaran yang tersedia.

Maka dipastikan Dalos, akan ada beberapa usulan yang belum bisa pihaknya akomodir.

Sehingga verfak yang dilakukan pihaknya saat ini diharapkan akan dapat menentukan pelaku UMKM yang benar-benar layak untuk dapat menerima bantuan sebesar Rp 300 ribu yang disediakan Pemkab Kepahiang.

BACA JUGA: Siswa SDN 62 RL Antusias Ikuti Mewarnai CE

BACA JUGA: 24 Hari Terjebak Dalam Hutan, Dua Aktivis Pokdarwis Lebong Ditemukan Selamat

 "Target kami, pertengahan oktober ini sudah bisa disalurkan," ujarnya.

Sementara untuk teknis penyaluran tambah Dalos, akan disalurkan langsung melalui rekening Bang calon penerima.

Sumber: