Usulan DAK Dikbud Rp 44,39 Miliar

Usulan DAK Dikbud Rp 44,39  Miliar

IST/CE Kapolsek Bermanu Ulu (BU) IPDA Ibnu Sina Alfrarobi SSos saat menjadi inspektur upacara di SMAN 6 Rejang Lebong. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) kabupaten Rejang Lebong telah mengusulkan dana alokasi khusus (DAK) fisik dengan total kebutuhan sebesar Rp 44,39 Miliar.

Usulan tersebut untuk melaksanakan rehab maupun pembangunan sarana prasarana sekolah yang baru seperti ruangan kelas belajar (RKB), pembangunan toilet, pembangunan laboratorium komputer, laboratorium IPA, Pengadaan TIK, dan pembangunan ruangan UKS dan sarana prasarana lainya untuk sekolah SD dan SMP negeri maupun swasta di Kabupaten RL.

Hal ini disampaikan oleh kepala Dinas (Kadis) Dikbud RL, Rezza Fahlevi SH pada Senin 17 oktober kemarin.

"Kami sudah mengajukan Dak tersebut pada Agustus kemarin melalui aplikasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (Krisna) dan jumlahnya lebih besar dari anggaran DAK tahun ini, dan untuk totalnya mencapai Rp 44,39, dan untuk rincian masing - masing bisa ditanya ke bidangnya masing - masing," ujarnya.

BACA JUGA: Peringati Maulid Nabi, SDN 13 RL Bersholawat

BACA JUGA: Akhir Bulan Ini SMPIT RR Gelar Pemilihan Ketua Hamas

Dikatakan Rezza bahwasanya pengajuan tersebut sudah berdasarkan hasil dari survei pihaknya terhadap sekolah yang ada di RL, dan juga melalui Data laporan dari sejumlah sekolah melalui data pokok pendidikan (Dapodik) masing -   sehingga penyalurannya sudah sesuai dengan keadaan harapan sekolah.

"Harapan kami masyarakat dan seluruh institusi institusi pendidikan yang berada di bawah naungan dari Dikbud agar selalu bekerjasama dan mendukung kebijakan dari Dikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di RL seperti pengusulan dana DAK 2023 ini kita harapkan lebih banyak lagi, dan pada 2023 mendatang nanti juga kami akan berupaya untuk memunculkan kegiatan - kegiatan yang berasal dari anggaran APBD murni maupun APBN, dan kami juga berharap kepada seluruh masyarakat agar mengawasi pengelolaan dan pemanfaatan Dak tersebut sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan. " jelasnya

Sementara itu pada lain kesempatan di sampaikan juga oleh Kasi Sarana Prasarana Bidang SMP Dikbud RL, Bayu Panji Aji ST MSi bahwasanya pihaknya telah mengajukan anggaran DAK tahun 2023 sebesar Rp. 5.777 060.000.

"Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan toilet, pembangunan laboratorium komputer,  pembangunan labor IPA, pengadaan Tik , dan pembangunan Uks," ujarnya.

BACA JUGA: MA Muhammadiyah Kembangkan Ekskul Sinematografi

BACA JUGA: Petani Bersyukur Harga Kopi Masih Tetap Stabil

Sementara itu disampaikan oleh Kasi kelembagaan Sarana Prasarana Bidang SD Dikbud RL, Heny Puspita Sari bahwasanya untuk pengajuan anggaran DAK tahun 2023 ini sebesar Rp. 38. 615 000.000.

"Anggaran tersebut saat ini baru sedang dalam tahap pengajuan dan belum menjadi keputusan final, yang pastinya pengajuan tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pihak sekolah melalui data dapodik mereka masing - masing, dan untuk data finalnya akan bisa ketahui pada November mendatang," pungkasnya.

Sumber: