Pemkab Lebong Tolak Usulan Kenaikan HET Gas Melon

Pemkab Lebong Tolak Usulan Kenaikan  HET Gas Melon

ILUSTRASI/NET--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, memastikan belum akan mengusulkan kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas LPG 3 Kg subsidi.

Keputusan itu diambil dalam menindaklanjuti surat Gubernur Bengkulu, nomor 540/1728/B.3/2022 perihal, permintaan laporan kajian analisis atas usulan kenaikan HET gas LPG 3 Kg bersubsidi dari kabupaten/kota se Provisni Bengkulu. 

Kabag Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Lebong Antonius Anaperta SE MSi mengaku sudah melakukan pembahasan terhadap surat gubernur tersebut, yang melibatkan sateholder yang berkepentingan dengan adanya usulan kenaikan HET gas melon tersebut.

Meski demikian Pemkab Lebong tetap memastikan belum menyetujui adanya kenaikan HET sebagaimana surat gubernur tersebut.

BACA JUGA: Sekda: Pembayaran TPP Lebong Tunggu DPA Perubahan

BACA JUGA: SDN 4 RL Salurkan Bantuan Infaq

"Dalam menaikkan HET LPG 3 Kg ini sebenarnya adalah kewenangan pemerintah pusat. Namun dalam hal ini pemerintah daerah diminta untuk melakukan analisis dan usulan jadi sah-sah saja. Dan Pemkab Lebong memutuskan tidak menyetujui adanya kenaikan HET gas 3 Kg ini, " kata Antonius.

Menurut Antonius ada beberapa pertimbangan sehingga Pemkab Lebong belum menyetujui adanya kenaikan harga gas melon tersebut.

Salah satunya ialah adanya kenaikan harga BBM subsidi terhitung 3 September lalu.

Hal ini mengakibatkan adanya kenaikan harga kebutuhan bahan pokok dan barang penting (bapokting) yang dijual dipasaran.

BACA JUGA: Tugu TMMD Reg ke 115 Kodim 0409/RL Dibangun, Simbol Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat

BACA JUGA: 187 SD/MI Laksanakan ANBK, Mayoritas dengan Metode Full Online

Sehingga jika HEt LPG 3 Kg ikut naik dikhawatirkan justru meningkatkan inflasi di Kabupaten Lebong.

"Dengan kenaikan HET LPG 3 Kg tentunya akan berpengaruh terhadap para pelaku usaha kecil yang ada di Kabupaten Lebong. Apalagi harga BBM subsidi baru dinaikkan baru-baru ini. Dengan pertimbangan tersebut maka Lebong belum menyetujui adanya kenaikan HET gas 3 Kg, " demikian Antonius.

Sumber: