105 Desa Belum Ajukan Berkas DD Tahap III

105 Desa Belum Ajukan Berkas DD Tahap III

NICKO/CE Aktifitas pemberkasan yang dilakukan pihak PMD RL. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dikarenakan masih terlalu fokus dengan pelaksanaan perealisasian penggunaan anggaran dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang diberikan Pemkab Rejang Lebong (RL) beberapa waktu lalu.

Sebanyak 105 desa di Kabupaten RL masih belum mengajukan pemberkasan pencairan Dana Desa (DD) Tahap III tahun 2022 kepada pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) RL. 

Padahal pemberkasan DD tahap III tahun 2022 sudah dimulai sejak akhir Bulan September lalu.

"Kalau dilihat dari perkembangannya, proses penyaluran pemberkasan DD tahap III tahun 2022 ini cukup lambat dibandingkan dengan pemberkasan sebelumnya. Hal itu lantaran karena desa-desa di wilayah RL masih fokus dalam merealisasikan anggaran BKK yang diberikan Pemkab RL beberapa waktu lalu. Untuk itu kami masih dapat memakluminya," ujar Kadis PMD RL Suradi Rifai SP MSi melalui Kabid Kelembagaan Masyarakat Sosial Budaya dan Pemerintah Desa Bobby H Santana SSTP didampingi Kasi Sub Koordinasi Administrasi Pengelolaan Keuangan Desa Desi Musdalifah.

BACA JUGA:MAN RL Gelar Lomba Bulan Bahasa

BACA JUGA:GLadi Bersih ANBK Tingkat SD Banyak Kendala

Untuk itu Desi mengharapkan, 105 desa tersebut bisa secepatnya melakukan perealisasian BKK. Dan segera mungkin mengurus dan mempersiapkan berkas persyaratan pengajuan DD tahap III tahun 2022 untuk segera diserahkan kepada pihak PMD.

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi keterlambatan lagi seperti yang terjadi pada pemberkasan DD tahap II tahun 2022 kemarin, yang menyebabkan beberapa desa nyaris tidak dapat anggaran DD.

"Kami ingatkan saja kepada pihak desa agar secepatnya bisa menyelesaikan penyaluran dan perealiasaian dana BKK nya. Karena saat ini kita sudah memasuki pemberkasan DD tahap III. Jangan sampai kejadian sebelumnya terulang lagi pada pemberkasan DD tahap III ini," sampai Desi.

Adapun 17 desa yang sudah mengajukan pemberkasan DD tahap III kepada pihaknya, sambung Desi, yakni Desa Tebat Pulau, Air Kati, Kali Padang, Air Rusa, Warung Pojok, Talang Belitar, Kampung Baru, Air Nau, Kayu Manis, Taba Padang, Air Apo, Kepala Curup, Sumber Bening, Air Meles Atas, Simpang Beliti, Kampung Jeruk, dan juga Desa Sambirejo.

BACA JUGA:Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Curup Sukses Gelar Yudisium, Luluskan 243 Sarjana

BACA JUGA:162 Bidang Tanah Pemkab Kepahiang Belum Bersertifikat

"Berdasarkan data yang terhimpun dengan kami. Baru 17 desa tersebut lah yang sudah mengajukan pemberkasan DD tahap III. Untuk itu kami akan menunggu desa lainnya untuk menyerahkan berkas persyaratan DD tahap III," ucap Desi.

Lebih lanjut Desi juga mengatakan, agar pihak desa yang lainnya cepat melaksanakan perealisasian BKK. Pihak PMD juga akan melakukan sosialisasi ke desa-desa setiap hari.

Dimana melalui TA pendamping desa yang ada, pihak PMD akan mengingatkan agar desa yang bersangkutan sesegera mungkin menyiapkan pemberkasan DD.

"Untuk sosialisasi akan kami lakukan setiap hari. Karena kami juga berharap, tidak ada desa lagi di RL yang kesulitan dalam menyiapkan pemberkasan. Dan jika nanti masih ada yang kesulitan, maka dengan sisa waktu yang masih cukup panjang kami akan memberikan pembinaan lanjutan kepada desa yang bersangkutan," tandasnya.

Sumber: