Triwulan 3, Pencari Kerja di RL Capai 1.931 Orang

Triwulan 3, Pencari Kerja di RL Capai 1.931 Orang

IST/CE Pencari kerja saat membuat AK-1 di Kantor Nakertrans Rejang Lebong beberapa waktu lalu--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Para pencari kerja di Kabupaten Rejang Lebong (RL) tahun ini mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Pasalnya, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) RL mencatat tahun ini sudah ada 1.931 orang yang mengajukan permohonan pembuatan kartu kuning atau AK-1.

Yang mana jumlah itu terhitung sejak Januari sampai dengan September lalu.

"Di tahun ini, memang ada peningkatan jumlah penerbitan AK-1, bahkan baru sampai September sudah di angka 1.931 orang," sampai Kadis Nakertrans Kabupaten RL, Syamsir SKM MKM melalui Kabid Bina Penta dan Latas, Oktalea SE.

BACA JUGA: 5 Tips Ampuh Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

BACA JUGA: Roadshow Lomba Mewarnai, Hari Ini CE Sambangi 2 Sekolah di Sindang Dataran

Oktalea merinci di bulan Januari total AK-1 yang diterbitkan Disnakertrans sebanyak 481 lembar, Februari 986 lembar, Maret 172 lembar, April 122 lembar, Mei 23 lembar, Juni 49 lembar, Juli 34 lembar, Agustus 28 lembar dan September 29 lembar.

"Untuk bulan Oktober karena masih berjalan jadi belum terekap," ucapnya.

Okta melanjutkan, penerbitan AK-1 terbanyak terjadi di bulan Januari dan Febuari.

Dimana kala itu pemohon AK-1 didominasi oleh para tenaga kerja sukarela (TKS) diruang lingkup Pemkab RL.

BACA JUGA: 1000 Tabung Gas Melon Belum Dibagikan

BACA JUGA: Rawan Terjadi Bencana Longsor, Masyarakat Diminta Waspada Lintasi Jalur Curup - Lebong

Sejak adanya edaran Bupati RL, agar surat keterangan (SK) para TKS dikeluarkan maka salah satu syaratnya adalah mereka wajib memiliki AK-1 yang hanya bisa diterbitkan di Kantor Disnakertrans.

"Dengan adanya kebijakan itulah akhirnya ribuan TKS yang belum punya AK-1 menyerbu Kantor Nakertrans untuk membuatnya," bebernya.

Adapun sebagian kecil atau sekitar 20 persennya, sebut Okta, merupakan masyarakat umum yang baru lulus atau tamat SMA/SMK yang ingin mencari pekerjaan.

Masih dikatakannya, untuk persyaratan yang diperlukan dalam membuat AK-1 antara lain fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir, pas photo 3x4 beserta map kertas.

BACA JUGA: Tinjau Kegiatan TMMD Kodim 0409/RL, Ini Kata Katim Wasev Mabesad TNI

BACA JUGA: Semarakkan Muktamar ke-48 Muhammadiyah, PDM Gelar Jalan Sehat

"Selain mendaftar langsung ke Nakertrans, yang bersangkutan juga bisa mendaftar via online di link yang sudah disiapkan," imbuhnya.

Sumber: