Pemkab Peringati Hari Santri Nasional

Pemkab Peringati Hari Santri Nasional

IST/CE Tampak Bupati RL Drs H Syamsul Effendi MM saat menjadi pembina upacara HSN. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 di Kabupaten Rejang Lebong.

Pemkab Kabupaten RL melaksanakan upacara bersama di Rumah Dinas (Rumdin) bupati pada Sabtu 22 oktober kemarin.

Dimana pada kegiatan upacara tersebut, Bupati RL Drs H Syamsul Effendi MM menjadi pembina selama jalannya upacara.

Disampaikan Bupati RL, bahwa peringatan HSN tersebut dilaksanakan berdasarkan keputusan presiden (Keppres) nomor 22 tahun 2015 yang menetapkan hari santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

BACA JUGA: Ditolak Sistem, Ratusan THL Kepahiang Dikeluarkan dari Pendataan

BACA JUGA: Bujangan Sodomi Pelajar SD

Dimana pada penetapannya sebagai hari Santri tersebut, merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Dengan dilaksanakannya peringatan hari santri 

Yang bertema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan". Para santri dalam kesejahteraannya diharapkan dapat selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan di Indonesia," ujar bupati.

Bupati juga menyampaikan, agar para santri di RL juga bisa memiliki peran yang penting untuk membangun Indonesia khususnya RL agar semakin baik lagi kedepannya.

BACA JUGA: 5 Tips Ampuh Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

BACA JUGA: Roadshow Lomba Mewarnai, Hari Ini CE Sambangi 2 Sekolah di Sindang Dataran

Terutama dalam perwujudan menjadikan RL sebagai kota yang religius.

Dimana para santri ini merupakan tonggak yang sangat penting untuk menjadikan RL ini sebagai kota yang agamis.

"Saya berharap besar dengan seluruh santri yang ada di RL. Agar dapat menjadikan Kabupaten RL menjadi kota yang religius dan agamis. Dimana kami Pemkab juga siap memberikan dukungan secara penuh kepada putra-putri daerah dan juga para santri untuk pembangunan RL yang lebih baik," ucap bupati.

Selain itu bupati juga mengajak, melalui momentum upacara peringatan HSN tahun 2022 untuk mendoakan bersama-sama para pahlawan yang sudah tiada, terutama dari kalangan ulama, kyai, dan juga santri yang telah gugur secara syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

BACA JUGA: 1000 Tabung Gas Melon Belum Dibagikan

BACA JUGA: Rawan Terjadi Bencana Longsor, Masyarakat Diminta Waspada Lintasi Jalur Curup - Lebong

"Melalui momentum ini. Marilah sama-sama kita mendoakan para santri yang sudah gugur dalam memperjuangkan bangsa. Dimana saya juga berharap, agar terus lahir para santri yang memiliki jiwa yang kuat untuk membela bangsa dan tanah air," sampai bupati.

Adapun yang turut mengikuti pelaksanaan peringatan upacara HSN di Rumdin pada Sabtu kemarin.

Yakni jajaran FKPD RL, Sekda RL, para Asisten Setdakab RL, semua Kepala OPD RL, Kakan Kemenag, Ketua MUI, para pimpinan pondok pesantren RL, dan juga para santri di Kabupaten RL.

Sumber: