Dikbud Bersama MKKS SMP Gelar Bimtek Perencanaan Berbasis Data

Dikbud Bersama MKKS SMP Gelar Bimtek Perencanaan Berbasis Data

Aziz/CE Kegiatan Bimtek Perencanaan Berbasis Data di gedung PGRI RL, Selasa (1/11) kemarin.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Rejang Lebong (RL) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis.

Bimtek tersebut mengenai perencanaan berbasis data kepada seluruh Sekolah Menengah Pertama di RL yang belum membaca rapor mutu sekolahnya serta melaksanakan perencanaan berbasis data.

Selain itu juga dalam kegiatan tersebut juga disampaikan materi mengenai implementasi Kurikulum Merdeka yang saat ini sudah mulai diterapkan.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan kepala Dinas Dikbud RL, Rezza Pakhlevi SH melalui kepala Bidang SMP Dikbud RL, Dedi Warsito kepada wartawan pada Selasa 1 november kemarin.

BACA JUGA: Ejab dan Ujikom 12 Eselon II Ardiansyah: Masih Tunggu Rekom KASN

BACA JUGA: Ajuan DD Tahap III Masih Nihil

"Sekarang ini kami sedang melaksanakan kegiatan bimtek kepada 20 SMP se RL yang belum membaca rapor mutu pendidikan dan juga melaksanakan perencanaan berbasis data melalui rencana kegiatan dan anggaran sekolah (Rkas)," ujar Dedi.

Dikatakan Dedi bahwasanya dalam kegiatan bimtek tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada 20 sekolah yang belum membaca rapor mutu pendidikan dan juga melaksanakan perencanaan berbasis data agar sekolah tersebut segera melaksanakannya.

"Sekarang ini ada 5 point fokus kita untuk segera diperbaiki di dalam sekolah, point tersebut diantara yakni, perencanaan berbasis data, Numerasi, Karakter, Iklim keamanan sekolah,Iklim kebhinekaan," ujarnya.

Sementara itu Dedi mengatakan bahwasanya kegiatan bimtek tersebut nantinya akan pandu oleh bapak M. Amrin MPd kepala SMPN 4 RL, dan juga bapak Suwanto MPd kepala SMPN 44 RL.

BACA JUGA: TPP Segera Cair Sekda: Dirapel 3 Bulan Sekaligus

BACA JUGA: Benarkah Honorer Batal Dihapus ?

untuk menyampaikan materi mengenai penerapan kurikulum merdeka yang mengadopsi kurikulum 2013 dan juga kurikulum sekolah penggerak yang sudah melaksanakan projek penguatan profil pelajar pancasila.

Dan juga materi mengenai perencanaan berbasis data yang perencanaan tersebut diambil dari raport mutu pendidikan.

"Harapan kami dengan dilaksanakan bimtek pada hari ini, semoga perencanaan berbasis data tersebut bisa benar dilaksanakan dan dijadikan landasan dalam menyusun semua program oleh seluruh sekolah yang ada di kabupaten RL ini," harapnya.

Suwanto MPd juga menyampaikan dalam kegiatan tersebut selain penyampaian materi mengenai IKM dan juga perencanaan berbasis data, di dalam kegiatan tersebut juga akan dilakukan praktek pembuatan perencanaan berbasis data.

BACA JUGA: Pastikan Progresnya Berjalan dengan Baik, Kasrem 041/Gamas Bengkulu ke Lokasi TMMD Kodim 0409 Rejang Lebong

BACA JUGA: SDN 105 Rejang Lebong Belum Memiliki Pembina

"Kegiatan hari ini selain memberikan materi juga akan dilakukan praktek pembuatan proyek perencanaan berbasis data yang kita mulai melalui 3 tahapan, diantara yakni Identifikasi, Refleksi dan Benahi dan akan dituangkan melalui RKAS," jelasnya.

Sumber: