Bupati Kepahiang Targetkan SAKIP Naik Peringkat

Bupati Kepahiang Targetkan SAKIP Naik Peringkat

JACK/CE Bupati bersama Perwakilan Kemenpan RB dalam pelaksanaan Bimtek SAKIP yang berlangsung kemarin--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU, menargetkan  penilaian sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) Kabupaten Kepahiang tahun ini meningkat menjadi B dari SAKIP yang diperoleh Pemkab Kepahiang pada tahun 2021 lalu dengan predikat CC. 

Karenanya, bupati meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di ruang lingkup Kabupaten Kepahiang, meningkatkan kinerjanya terutama dalam mengimplementasikan program kerja yang telah tersusun sebelumnya.

"Kalau tahun lalu SAKIP kita hanya mendapatkan nilai 55,49 dengan presikat CC. Tahun ini kita targetkan naik diangka nilai 60 lebih sehingga predikat SAKIP kita berada di B dan jika perlu BB," sampai bupati pada saat pembukaan bimbingan teknis implementasi SAKIP yang dihadiri langsung  Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Eavaluasi Reformasi Birokasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kemenpan RB) di Aula Hotel Sandhyka Kepahiang, Kamis 3 november kemarin.

Tegas bupati SAKIP penting, untuk dapat melakukan penilaian kinerja pemerintahan dimasing-masing daerah, terutama dalam mengimplementasikan program kerja yang bersentuhan langsung dengan masyarakat luas.

BACA JUGA: Roadshow Mewarnai CE Sambangi 3 Sekolah di Rejang Lebong

BACA JUGA: Dikunjungi Tim dari Kemenparekraf Desa Kota Baru Santan Optimis Masuk 5 Besar DEWI

Disyukuri bupati, jika terhadap hasil penilaian SAKIP di Kabupaten Kepahiang, setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik.

"Memang penilaian SAKIP ini tidak pernah dilihat oleh masyarakat luas, secara politik juga tidak menguntungkan kami secara pribadi. Karena yang selama ini sering dilakukan penilaian oleh masyarakat keberhasilan pemerintah itu dilihat dari pembangunan fisik saja. Tapi bagi saya SAKIP penting dan ini selalu saya tegaskan ke masing-masing pimpinan OPD, agar kita sama-sama dapat menilai tingkat keberhasilan dalam menjalankan fungsi pemerintahan yang bersih dan transparan," ujarnya.

Karena dalam implementasi penilaian SAKIP, tegas bupati, banyak hal yang dilakukan penilaian atas kinerja pemerintahan.

Diantaranya mulai dari tingkat perencanaan, Penukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan yang terpenting pula penilaian pencapaian terhadap hasil kinerja.

BACA JUGA: Yeay! KPU Lebong Buka Lowongan 60 PPK dan 315 PPS

BACA JUGA: Kukuhkan Bunda Literasi di RL, Bupati Harapkan Peningkatan Minat Baca Masyarakat

Untuk diketahui, jika bimbingan teknis Implementasi SAKIP di Kabupaten Kepahiang kemarin dihadiri langsung Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Eavaluasi Reformasi Birokasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kemenpan RB) RI, Akhmad Hasmy yang diikuti seluruh pimpinan OPD se Kabupaten Kepahiang.

Sumber: