Pemkab RL Kembali Umroh kan 50 Warga

Pemkab RL Kembali Umroh kan 50 Warga

NICKO/CE Suasana pelaksanaan Uji Kompetensi Jemaah Umroh di Ruang Pola Pemda RL. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong kembali memberangkatkan sebanyak 50 orang warga untuk mengikuti umroh secara gratis ke Tanah Suci Mekkah.

Dikatakan Kabag Kesra Setda RL, Herwin untuk keberangkatan para jemaah umroh di Tahun 2022 ini menggunakan Anggaran Pendapatan Daerah Perubahan (APBD-P).

Dimana Pemkab RL menyediakan anggaran melalui APBD-P tersebut sebesar Rp 1,7 miliar.

"Untuk di Tahun 2022 ini, kuota umroh gratis yang disediakan hanya 50 orang. Jadi calon jemaah yang sudah didaftarkan wajib mengikuti beberapa seleksi yang sudah dijadwalkan. Seperti seleksi administrasi pemberkasan awal, dan juga seleksi uji kompetensi melalui tes hapalan dan mengaji. Yang jelas selain berdasarkan seleksi, orang-orang yang akan berangkat umroh ini adalah orang-orang yang terpilih dari 15 kecamatan di RL," ujar Herwin.

BACA JUGA:Baru 528 Ekor Ternak Sudah Divaksin

BACA JUGA:Korban Perkosaan Dijamin Balai

Masih dikatakan Herwin, dikarenakan agenda pemberangkatan para jemaah umroh ini akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Desember, sekitar tanggal 6 atau 7 Desember mendatang.

Pihaknya pada Kamis 10 November kemarin mengadakan seleksi lanjutan pelaksanaan uji kompetensi untuk para calon jemaah umroh yang akan diberangkatkan secara gratis di Ruang Pola Pemda RL.

Dimana untuk calon jemaah umroh yang terdaftar sendiri, memiliki beberapa kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti belum pernah haji dan umrah, sehat lahir dan batin, dan mampu melewati tes yang diberikan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang sudah disepakati.

"Sebagai tahapan lanjutan, kemarin kami mengadakan seleksi uji kompetensi untuk para calon jemaah umroh yang jumlahnya lebih dari 50 orang. Dimana melalui seleksi uji kom tersebut, peserta calon jemaah umroh gratis akan dikerucutkan hingga jumlahnya menjadi 50 orang, 40 laki-laki, dan 10 perempuan. Dimana 50 orang yang terpilih tersebut nantinya, berdasarkan penilaian dan hasil dari tes mengaji dan hapalan yang dilaksanakannya. Karena setiap jemaah umrah yang dipilih harus paham soal ibadah umroh," sampai Herwin.

BACA JUGA:Tutup Kegiatan TMMD Kodim 0409 RL, Danrem Harap TMMD Berdampak Luas Kepada Masyarakat

BACA JUGA:Tekan Angka Stunting, Pemkab Tingkatkan Pokjanal Posyandu

Adapun beberapa tim penguji dan penilai yang di datangkan oleh Pemkab RL pada pelaksanaan uji kompetensi sambung Herwin, ada 4 orang.

Yakni Perwakilan IAIN Curup Mabrursyah SPdI SIPI MHI, Perwakilan NU RL H Agusten, Ketua MUI RL KH Muhammad Abu Dzar LC MHI, dan Perwakilan tokoh masyarakat Bulkis SThI MHI.

Dimana para tim penguji yang dihadirkan tersebut merupakan orang-orang yang berkompeten untuk melakukan penilaian terhadap uji tes yang dilakukan para calon jemaah umroh.

"Untuk tim penguji dan penilai, kami datangkan dari 4 sumber yang berbeda. Dimana dengan keberadaan para beliau-beliau, diharapkan seleksi jemaah umroh gratis yang dilakukan Pemkab RL ini benar-benar orang yang terpilih dan layak untuk diberangkatkan pada tahun ini," sampai Herwin.

Lebih lanjut Herwin juga menyampaikan, berkenaan dengan program maupun visi misi bupati dan wakil bupati tentang pemberangkatan umrah gratis ini.

BACA JUGA:Longsor Karang Endah Telan Kerugian Capai Rp 150 Juta

BACA JUGA:Saham Pemkab Kepahiang Naik 20 Persen

Akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya sampai masa jabatan bupati dan wakil bupati habis. Untuk itu bagi masyarakat, tokoh agama di RL yang belum berkesempatan untuk berangkat umroh gratis melalui Pemkab RL.

Dapat bersabar dan mengulanginya lagi untuk seleksi selanjutnya di Tahun 2023 mendatang.

"Karena yang bisa berangkat umroh gratis ini hanya 50 orang. Kami harapkan para peserta yang tidak terpilih dapat bersabar dan mengikuti seleksinya lagi di tahun depan. Dan juga untuk 50 orang yang terpilih nantinya, diharapkan bisa menjalankan umroh dengan khusuk. Dan dapat menjadi jemaah umroh yang mabrur dan mabruroh," singkat Herwin. 

Sumber: