Fraksi Support Lahan Diklat Dihibahkan ke IAIN Curup

Fraksi Support Lahan Diklat Dihibahkan ke IAIN Curup

DOK/CE Sanusi Pane S.Sos--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Terkait audensi yang dilakukan Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rejang Lebong beberapa waktu lalu. Perihal meminta dukungan untuk pengembangan kampus.

Dikatakan anggota Komisi I DPRD Kabupaten RL, Sanusi Pane SSos, pihaknya mendukung upaya pengembangan kampus IAIN tersebut.

"Kami setuju kampus itu dikembangkan, karena kalau dilihat setiap tahunnya jumlah mahasiswa IAIN terus bertambah," ucapnya.

Diterangkan Sanusi, sebelumnya pun sudah ada kesepakatan di seluruh Fraksi DPRD Kabupaten RL, bahwa bagian dari dukungan pengembangan kampus yang membutuhkan lahan baru tersebut lahan Diklat Mojorejo di Kecamatan Selupu Rejang bisa dihibahkan kepada pihak IAIN Curup.

BACA JUGA:Aurel Gea Ananta, Juara II Olimpiade Ekonomi Provinsi

BACA JUGA:Pengancam Pasutri 4 Orang Begal

"Semua Fraksi sepakat, dan kami mendorong Pemkab RL dapat menghibahkan tanah Diklat itu kepada IAIN. Karena memang untuk mengembangkan sebuah kampus, perlu lahan untuk membangun," terangnya.

Menurutnya, daripada lahan tersebut dibiarkan kosong dan tidak difungsikan akan lebih jika dihibahkan kepada pihak IAIN.

Sanusi melanjutkan, dengan dihibahkannya lahan Diklat tersebut dan menjadi kampus baru. Diharapkan bisa meramaikan objek-objek wisata yang ada di Kabupaten RL, kemudian usaha menengah kecil mikro (UMKM) bertambah dan berkembang, sumber daya manusia (SDM) meningkat dan secara otomatis kesejahteraan masyarakat pun membaik.

BACA JUGA:Semnas IAIN Curup, Perjuangkan Kakek Ashanty jadi Pahlawan Nasional

BACA JUGA:Camat PUT, 10 Desa Bakal Pilkdes Tahun Depan

"Jikalau objek wisata ramai dan UMKM maju, maka hal itu juga bisa berdampak pada sektor pendapatan asli daerah (PAD) Rejang Lebong," ujarnya.

Sekedar mengulas, pada 18 Juli 2022 lalu DPRD Rejang Lebong (RL) menerima kunjungan dari Rektor IAIN Curup, Prof Dr Idi Warsyah beserta jajarannya.

Tidak hanya sebatas kunjungan saja, namun lebih spesifik lagi pihak IAIN melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) untuk membahas tentang upaya transformasi kampus dari IAIN menuju UIN.

Ketua DPRD RL, Mahdi Husen SH mengatakan, pihaknya bersama dengan anggota DPRD lain menyambut baik kedatangan IAIN Curup dalam rakor tersebut.

BACA JUGA:IAIN Curup Segera Survey Lahan Hibah

BACA JUGA:Semnas IAIN Curup, Perjuangkan Kakek Ashanty jadi Pahlawan Nasional

Lanjutnya, banyak pemaparan yang disampaikan pihak IAIN dalam upaya pentransformasian kampus. Diantaranya yang paling inti adalah persoalan minimnya lahan yang ada dan jumlah mahasiswa yang masih kurang.

"Semua pemaparan dan keluhan yang disampaikan oleh pihak IAIN kami sambut dengan baik," katanya.

Mahdi melanjutkan, setelah menampung semua aspirasi IAIN pihaknya siap mendukung upaya tersebut. Selain itu diharapkan juga pemerintah daerah (Pemda) dapat sejalan menunjang program transformasi kampus yang tengah diusahakan oleh IAIN Curup. 

Sumber: