Ratusan Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Usaha

Ratusan Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Usaha

Adit/CE Bantuan usaha dari Balai Sentra Alyatama Jambi.--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Ratusan warga  Lebong, penyandang disabilitas, mendapatkan bantuan sarana prasarana (sarpras) penunjang usaha dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, melalui Balai Sentra Alyatama Jambi.

Adapun bantuan  yang akan diberikan,  berupa peralatan masak kue, kasur, tikar, pakaian, penjualan voucher dan bahan baku lainnya. kemudian ada juga bantuan kewirausahaan seperti ternak kambing, ayam, ikan lele dan bebek dan  bantuan penunjang lainnya berupa 2 unit sepeda motor roda 3.

Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Lebong, Puji Warno SPd mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari hasil assesmen yang telah dilaksanakan oleh tim Balai Alyatama Jambi di Lebong terhadap para penyandang disabilitas.

"Alhamdulillah tahun ini kita kembali mendapatkan bantuan untuk para penyandang Disabilitas. Kemungkinan dalam waktu dekat bantuan penunjang usaha ini segera kita serahkan," kata Puji.

BACA JUGA:Pengelolaan Sampah Diwacanakan Gunakan Pihak Ketiga

BACA JUGA:Proyeksikan Belanja 2023

Menurut Puji, bantuan usaha ini adalah prakarsa dari Kementrian Sosial melalui Balai Sentra Alyatama Jambi sebagai bentuk perhatian bagi penyandang Disabilitas di wilayah Lebong. Adanya bantuan ini juga sebagai bentuk motivasi agar disabilitas berupaya meningkatkan kualitas hidup.

"Bantuan usaha ini juga untuk mendukung kegiatan usaha, sehingga nantinya tidak lagi bergantung kepada orang lain karena kemandirian mereka," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Puji, seluruh bantuan usaha yang pihaknya terima, nantinya akan diserahkan langsung kepada 101 penyandang Disabilitas yang tersebar di 11 kecamatan di wilayah tersebut.

"Setelah mendapatkan bantuan usaha ini seluruh Disabilitas nanti akan kita bina terutama dalam mengembangkan usaha," lanjut Puji.

BACA JUGA:Terdaftar di Sipol, 1 Pendaftar PPK Ditolak Siakba

BACA JUGA:Target Partisipasi Pemilih Naik 85 Persen

Apabila nanti bantuan ini sudah diterima, diharapkan bisa benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin terutama untuk menjalankan usaha. Sehingga kedepan bantuan ini bisa berdampak pada perekonomian untuk penyandang Disabilitas itu sendiri.

"Sementara untuk sentra Alyatama Jambi diharapkan bisa terus bersinergi dalam memberikan bantuan-bantuan kepada warga berkebutuhan khusus di wilayah Lebong," singkatnya. 

Sumber: