8 OPD Dapat Penghargaan TPAKD Award 2022, Tito : Kepahiang Pantas Menjadi Contoh Bagi Kabupaten Lain

8 OPD Dapat Penghargaan TPAKD Award 2022, Tito : Kepahiang Pantas Menjadi Contoh Bagi Kabupaten Lain

DOK/CE(TPKAD 1) Kadis Kominfo Kepahiang saat menerima penghargaan TPAKD Award yang diserahkan Bupati Kepahiang--

KEPAHIANG, CURUP EKSPRESS.COM - Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Kepahiang, baru saja dibentuk pada tahun 2021 lalu. Meski dalam usia yang baru 1 tahun, TPAKD Kepahiang,  memang layak untuk menjadi contoh  dan tempat belajar bagi kabupaten/kota lain di Provinsi Bengkulu. Hal ini disampaikan Kepala Otoritas Jasa Keuangan Bengkulu, Tito Adji Siswantoro, karena dalam 1 tahun TPAKD Kepahiang, sudah berhasil mencapai apa yang diharapkan dari pembentukan TPAKD itu sendiri.

BACA JUGA:Penataan Aset dan Akses Tanah , Gugus Tugas Reforma Agraria Gelar Rakor

BACA JUGA:180 Calon Penerima BLT BBM Didiskualifikasi

Terbukti dari beberapa OPD, Instansi vertikal serta Perbankan yang menjadi anggota TPAKD, dalam satu tahun, sudah berhasil untuk meraih penghargaan dari OJK, berupa TPAKD Award 2022.

"Sedikitnya ada 5 aspek penilaian TPAKD ini, yang mana dari 5 aspek tersebut TPAKD Kepahiag, kepahiang sudah memenuhi kreteria untuk mendapatkan penghargaan itu," kata Tito.

Tidak hanya sampai disitu tambag Tito, TPAKD Kabupaten Kepahiang, juga satu-satunya TPAKD di provinsi Bengkulu, yang dinilainya sudah menjalankan aspek-aspek tujuan pembentukan TPAKD. Sehingga wajar jika TPAKD Kepahiang untuk diberikan penghargaan.

BACA JUGA:Sepanjang 2022, 80 ANS Pensiun

BACA JUGA:Hanya 283 Peserta Yang MS

"Kami rasa TPAKD Kepahiang, ini layak untuk menjadi contoh dan tempat belajar TPAKD kabupaten/kota lain di Bengkulu ini, dalam menjalankan fungsi TPAKD," ujarnya.

Disisi lain Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU, mengapresiasi kinerja OPD-OPD di Kabupaten Kepahiang yang masuk dalam keanggotaan TPAKD, sehingga dapat mengimplementasikan tujuan TPAKD.

"Tentu ini suabuah kebanggaan bagi kami, walau baru 1 tahun terbentuk, kita sudah bisa mendapatkan penghargaan TPAKD Aword. Dan bahkan ini yang pertama untuk se Provinsi Bengkulu," ucap bupati.

BACA JUGA:292 ASN Raih Penghargaan Presiden

BACA JUGA:16 Balita Alami Kasus Stunting

Bahkan dengan terbentuknya TPAKD Kepahiang, semua akses keuangan di Kabupaten Kepahiang, tegas bupati, sudah lebih mudah dan lebih transfaran, sehingga dampaknya sangat dapat dirasakan oleh tidak hanya dilakangan ASN tapi juga dilakangan masyarakat umum.

"Kami berharap, ini akan terus dapat kita pertahankan, jika saat ini baru 8 OPD yang mendapatkan penghargaan itu kedepan seluruh OPD yang tergabung dalam TPAKD Kepahiang, juga dapat mendapatkan penghargaan yang sama," imbuhnya.

Delapan OPD dilingkungan Pemkab Kepahiang, yang mendapatkan penghargaan TPAKD award 2022 dari OJK Bengkulu pada Kamis (1/12 kemarin diantaraya, Dinas Pemdidikan dan Kebudayaan, Dinas Perdagangan koperasi dan UMKM, Dinas Pemberdayaan MAsyarakat Desa, Dinas Komunikasi informastika (Kominfo) Badan Keuangan Daerah, Disparpora,  Dinas Pertanian,  Dinas Perikanan dan Ketahanan pangan,  Bagian Ekonomi Setkab Kepahiang.

BACA JUGA:Rp 18 Miliar Penyertaan Modal PDAM Kandas

Selain itu ada juga 2 instansi vertikal dan 2 Perbankan di Kabupaten Kepahiang yang juga mendapatkan penghargaan yang sama diantaranta,  Kemenag Kepahiang, BPS Kepahiang, Bank Bengkulu, dan Bank Rakyar Indonesia (BRI). (JACK/ADV)

Sumber: