Ini Keuntungan Fulfillment by Blibli, Bantu Seller Kelola Bisnis dengan Mudah

Ini Keuntungan Fulfillment by Blibli, Bantu Seller Kelola Bisnis dengan Mudah

ILUSTRASI/NET--

Anda pernah mendengar istilah fulfillment by Blibli? Istilah yang satu ini belum cukup populer terdengar di masyarakat.

Khususnya bagi mereka yang tidak bergerak di industri bisnis online.

Namun, tanpa Anda sadari bahwa kegiatan ini bisa Anda jumpai ketika bergabung dengan marketplace. Tentu saja marketplace yang dimaksud adalah Blibli.

Jika Anda adalah seorang pemula yang baru memulai usaha dan kebingungan bagaimana harus mengatur semuanya dengan baik, maka fulfillment by Blibli ini solusinya lantaran sangat membantu. Ini merupakan penawaran terbaik Blibli untuk semua seller.

BACA JUGA:Camat Diminta Segera Usulkan Nama Calon Pjs Kades

BACA JUGA:BMKG: Waspada Cuaca Buruk Tahun Baru

Apa yang Dimaksud dengan Fulfillment by Blibli?

Secara sederhana, fulfillment by Blibli ini adalah kerjasama antara Blibli dengan penjual, kerjasama ini mencakup kegiatan mengelola stok, kegiatan operasional dan termasuk juga pengiriman barang.

Ya. Dalam kerjasama ini, pihak Blibli yang akan mengerjakan semua tugas di atas. Menyenangkan, bukan? Anda sebagai penjual hanya perlu berjualan sebagaimana mestinya dan menyediakan produk-produk di toko.

Selain itu, Anda juga tidak perlu untuk memperbarui stok barang yang tersedia. Hal ini dikarenakan stok barang Anda akan diperbarui secara otomatis, sebab sudah berhubungan dengan Blibli Data Center.

Dengan demikian, Anda hanya perlu mengunjungi Blibli Data Center untuk mengetahui ketersedian stok terbaru dan berbagai permasalah terkait pengembalian barang atau retur.

BACA JUGA:Monyet Bikin Geger! Ini Ceritanya...

BACA JUGA:Kasie Kasubun Gagal Cairkan DD, Staf Desa 6 Bulan Belum Gajian

Fulfillment by Blibli ini, hanya berlaku untuk pengiriman dalam satu kota yang sama. Jadi, Anda juga perlu mengetahui, kota mana saja yang termasuk di dalamnya.

Kota tersebut, antara lain adalah Joglosemar (Jogja Solo dan Semarang), Surabaya, Bandung, Jabodetabek, Makassar, Medan dan Denpasar.

Kelebihan Fulfillment by Blibli

Selain cara kerja yang menyenangkan, sistem ini juga cukup menguntungkan konsumen. 

  • Hanya perlu waktu sehari untuk pengiriman barang.
  • Kualitas barang yang dikirim masih terjamin, karena hanya butuh waktu sebentar di perjalanan. Untuk hal ini, Anda bisa melakukan pengembalian barang jika tidak sesuai dengan ketentuan, tapi jangka waktu pengembalian adalah maksimal 15 hari sejak barang Anda terima.
  • Sangat memungkinkan bagi Anda untuk melakukan pembayaran di tempat. Namun, batas transaksi paling kecil adalah 10.000 rupiah dan paling banyak sampai 3.000.000 rupiah.
  • Tenang, Anda tetap bisa menikmati gratis biaya pengiriman (ongkir) dalam hal ini. 

Keuntungan Bergabung dengan Fulfillment by Blibli 

Setelah tadi kelebihan dari pihak konsumen, kini penjual juga akan merasakan keuntungan ketika bergabung dengan kerjasama ini.

  • Terdapat tulisan “Disediakan oleh Blibli” pada toko dan produk miliknya, sehingga lebih mudah ditemukan oleh konsumen dalam pencarian.
  • Ada eksposur promosi iklan dari Blibli.
  • Produk aman di gudang Blibli. Untuk hal ini, hanya butuh waktu sekitar 24 jam. Namun, jika ternyata ada kendala, seperti perbedaan jumlah barang maupun jenis barang, maka butuh waktu sekitar 7 hari untuk mengurusnya.
  • Semua keperluan terkait operasional sudah dikerjakan oleh pihak Blibli.
  • Pengiriman barang dilakukan di hari yang sama, yakni 3 jam sejak pemesanan masuk.
  • Tidak ada biaya tambahan untuk kebutuhan operasional maupun gudang.
  • Fitur Blibli Tukar Tambah memungkinkan adanya peningkatan penjualan dan juga barang sampai dalam waktu 2 jam saja.
  • Proses pengembalian barang (retur) juga dibantu sepenuhnya oleh pihak Blibli. Jika barang yang diretur ini masih dalam keadaan baik, maka pihak Blibli akan menjualnya kembali. Sehingga tetap ada perputaran ekonomi di dalamnya.

Salah satu keuntungan yang cukup menarik ketika Anda bergabung dengan Fulfillment by Blibli ini adalah pihak Blibli akan memastikan barang-barang di toko Anda terjual dengan sangat laris. 

Jika ternyata ada kendala dalam penjualan, Blibli juga akan membantu Anda untuk menganalisa permasalahan tersebut.

Namun tenang, barang Anda akan tetap berada di dalam gudang Blibli, kurang lebih selama 2 bulan dari penjualan terakhir dari toko Anda.

Selain itu, jika ternyata selama penyimpanan barang di gudang ternyata ditemukan barang yang rusak maupun hilang, Anda tidak perlu khawatir.

BACA JUGA:Juara 1 Micro Teaching

BACA JUGA:Jelang Lomba Tingkat Nasional, Kwarcab Pramuka Gelar LT3

Karena pihak Blibli akan bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Termasuk juga, jika kerusakan tersebut disebabkan oleh kebakaran maupun bencana alam lainnya.

Jika Anda lihat dari uraian singkat di atas, memang terlihat sekali bagaimana Blibli sangat membantu penjualnya. Bahkan sampai ruang tanggungjawab yang ditawarkan juga sangat menarik.

Tepat sekali, jika Blibli memang sangat cocok untuk semua pebisnis yang berada di dunia online shop.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk bergabung dengan Fulfillment by Blibli? Atau justru Anda sudah bergabung dan merasakan keunggulan dari Fulfillment by Blibli ini? 

Referensi : 

https://www.blibli.com/pages/fbb

https://seller.blibli.com/learning/news/ART-00164/tertarik-dengan-layanan-disediakan-blibli-fbb-cari-tahu-disini

Sumber: