UMKM di RL Terima Bantuan Pena.. Senilai Rp 88 Juta

UMKM di  RL Terima Bantuan Pena.. Senilai Rp 88 Juta

IST/CE Salah satu pemilik usaha di Rejang Lebong yang menerima bantuan Pena.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Rejang Lebong kembali menerima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Kali ini bantuan yang diberikan yakni dana pahlawan ekonomi nasional (Pena) atau dana pengembangan usaha masyarakat.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong, Gusti Maria SH MM menyampaikan, adapun besaran bantuan yang diberikan bagi para pelaku usaha senilai Rp 88 juta untuk 16 penerima.

"Pelaku usaha di daerah kita baru saja menerima bantuan Pena atau dana untuk pengembangan usaha senilai Rp 88 juta," sampainya.

BACA JUGA:Tenaga Honorer Ramai-Ramai ke Dikbud, Ada Apa ?

BACA JUGA:Realisasi PAD Pariwisata Hanya 84,3 Persen

Adapun 16 penerima tersebut, kata Gusti, masing-masing penerima mendapatkan bantuan senilai Rp 5,5 juta. Yang harus dibelanjakan oleh penerima dalam bentuk produk usaha.

"Jadi uangnya harus dihabiskan untuk kebutuhan produk usaha yang dijalankan oleh si penerima. Selama proses pembelanjaan/penggunaan uang itu, penerima didampingi langsung oleh petugas untuk memastikan uang itu benar-benar habis," terangnya.

Dirinya juga menjelaskan, 16 penerima tersebut berasal dari wilayah kecamatan. Diantaranya Kecamatan Curup Timur ada 4 penerima, Selupu Rejang 4 penerima dan Curup Selatan 8 penerima.

"Dana itu baru saja disalurkan oleh petugas pada Kamis 5 Januari lalu, dengan menyambangi rumah kediaman masing-masing penerima," ucapnya.

BACA JUGA:Hingga Penyaluran Ditutup, 243 KPM Tidak Cairkan Bansos di Rejang Lebong

BACA JUGA:Tukang Sampah Dirumahkan, Begini Kondisi Sampah Didaerah Ini...

Selain itu Gusti juga mengatakan, ada tambahan bantuan dari program asistensi rehabilitasi sosial (Atensi) sebesar Rp 143 juta yang merupakan lanjutan dari kegiatan di Gedung Serba Guna (GSG) Lapangan Setia Negara beberapa waktu lalu.

Dengan demikian total seluruh bantuan Atensi yang diterima Pemkab Rejang Lebong dari Kemensos RI sebesar Rp 635,9 juta.

Sumber: