Pemkab Siapkan Umrah Gratis, Kuota Segini

Pemkab Siapkan Umrah Gratis, Kuota Segini

ILUSTRASI/NET--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, tahun ini kembali melanjutkan program umrah gratis.

Dikatakan Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda Kabupaten Rejang Lebong, Herwin Wijaya Kusuma MPd, jika program umrah gratis merupakan salah satu program yang masuk ke dalam visi dan misi Pemkab Rejang Lebong untuk menjadikan daerahnya religius.

"Perihal program umrah gratis tahun ini kembali diadakan, karena ini adalah satu bagian dari visi dan misi Bupati serta Wakil Bupati (Wabup) kita," ungkapnya.

Herwin menuturkan, adapun kuota yang disiapkan Pemkab Rejang Lebong masih sama seperti kuota di tahun 2022 lalu yakni sebanyak 50 orang jemaah.

BACA JUGA:Pencurian Kopi Sebabkan Ini

BACA JUGA:Selain Hujan Es, Bisa Juga Sebabkan Ini

"Kita berharap semoga kuota itu nanti tidak berubah, dan tetap sama seperti tahun lalu," tuturnya.

Untuk penganggarannya sendiri, kata Herwin, tidak melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) murni melainkan lewat APBD Perubahan tahun 2023 mendatang.

Dimana kisaran anggaran untuk merealisasikan program umrah gratis untuk kuota 50 orang jemaah tersebut kurang lebih sebesar Rp 1,8 miliar.

"Penganggarannya juga masih sama seperti tahun lalu yakni di APBD Perubahan. Diharapkan pada saat pembahasan antara tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) dengan badan anggaran (Banggar) nanti disepakati tetap Rp 1,8 miliar untuk program ini," jelasnya.

BACA JUGA:Proses Seleksi Panwaslu Desa atau Kelurahan Harus Transparan

BACA JUGA:Pelajar Pencuri Kopi, Rupanya Ini...

Lebih lanjut dirinya menerangkan, dalam proses memenuhi kuota yang disiapkan itu tentu ada tahapannya.

Sesuai dengan peraturan bupati (Perbup) ada petunjuk teknis yang harus dilakukan, dimana nanti dari pihak kecamatan mengusulkan perangkat agama tokoh masyarakat atau insan berprestasi untuk dilakukan verifikasi.

Sumber: