Dana BOS Cair, Gunakan Dengan Bijak, Ini Totalnya..

Dana BOS Cair, Gunakan Dengan Bijak, Ini Totalnya..

DOK/CE Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lebong, Elvian Qomar SAg.--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Elvian Qomar SAg meminta kepada seluruh satuan pendidikan di kabupaten Lebong baik TK, Paud, SD dan SMP di bawah naungannya agar bisa mempergunakan dana Bos tahap pertama tahun ini dengan bijak.

Pasalnya hampir 100 persen seluruh dana bos itu sudah di cairkan dan masuk rekening sekolah masing-masing.

BACA JUGA:Harga Daging Ayam Merangkak Naik Jelang Lebaran, Ini Harga Perkilo..

BACA JUGA:Anggaran Overload, Gaji THL Dirapel Usai Lebaran

“pencairan dana bos tahap pertama ini setelah sebelumnya satuan pendidikan baik SD maupun SMP telah merampungkan penyusunan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) sebagai syarat pencairan dana tersebut,” katanya

Disebutkannya untuk jumlah dana bos yang disalurkan ke satuan pendidikan itu sebesar Rp 7,6 miliar dari alokasi Rp 15,3 miliar dalam setahun.

Anggaran yang di salurkannya itu hanya untuk pencairan tahap pertama. Sedangkan sisanya di peruntukan untuk tahap kedua.

BACA JUGA: Jelang Sepekan Sebelum Lebaran, Harga Telur Naik, Ini Grafik Harganya..

BACA JUGA:Menutup KBM Ramadhan, MIM 10 Karang Anyar Laksanakan Halal bi Halal

“Sesuai dengan juknis jika dana bos tahun ini hanya disalurkan hanya dua tahap saja, jadi dari alokasi Rp 15,3 miliar itu di bagi dua dalam setahun,” ucapnya.

Lebih jauh, menurutnya mekanisme penyaluran dana bos tahap pertama ini diakuinya memang sedikit terjadi keterlambatan, ia menilai masih ditemukan beberapa sekolah yang masih terkendala menyusun Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) sebagai syarat pencairan dana bos tersebut.

“Di tahun ini ada 93 SD dan SMP 26 yang mendapatkan bantuan dana bos. Dari jumlah itu tinggal 5 satuan pendidikan SD lagi yang belum pencairan, sedangkan satuan pendidikan SMP dipastikan sudah rampung,” jelasnya.

BACA JUGA: KUA Lebong Diminta Sampaikan Besaran Zakat Fitrah Ke Masyarakat

BACA JUGA:Mitra Shopee Palsu Ditangkap, Rugikan Korban Ditaksir Rp 80 Juta, Beraksi di 20 TKP, Ini Kronologinya..

Sumber: