7 Desa Di Rejang Lebong Belum Cairkan Dana Desa, Kenapa?

7 Desa Di Rejang Lebong Belum Cairkan Dana Desa, Kenapa?

ILUSTRASI/NET Dana Desa--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) CURUP menyebutkan saat ini masih ada 7 desa lagi dalam Kabupaten Rejang Lebong yang belum mencairkan dana desa (DD) tahap I sampai dengan 30 April 2023 lalu.

“Hingga akhir April lalu tercatat untuk Kabupaten Rejang Lebong, ada 7 desa lagi yang belum mengajukan pencairan DD tahap I ke KPPN,” sampai Kepala KPPN Curup, Ma’ruf melalui Kasi Bank, Budi Aryanto di Curup.

Sementara itu, desa dalam Kabupaten Rejang Lebong yang sudah mencairkan DD tahap I tahun 2023 ada sebanyak 115 desa dari total 122 desa.

BACA JUGA:

Adapun anggaran yang sudah dikucurkan untuk 115 desa tersebut, kata Budi, untuk dana regular sebesar Rp 29,74 miliar. Sedangkan untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap I yang sudah tersalurkan sebesar Rp 3,78 miliar.

“Total seluruh anggaran yang sudah keluar dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKDes) sebesar Rp 33,52 miliar untuk 115 desa di Rejang Lebong,” paparnya.

Lanjut dia, untuk tahap I ini besaran DD yang dicairkan dari total pagu anggaran sesuai DIPA Rp 103,06 miliar yakni 32,53 persen.

Masih dikatakannya, pencairan DD tahap I ini akan berakhir pada bulan Juni mendatang. Sehingga bagi desa-desa yang belum melakukan pencairan agar segera melengkapi seluruh dokumen persyaratan untuk kemudian di usulkan ke KPPN.

BACA JUGA:

“Kalau tidak salah saya tahap I ini berakhir di sekitar tanggal 12 Juni mendatang,” tuturnya.

Sedangkan bagi desa-desa yang sudah merealisasikan atau memanfaatkan DD tahap I, kini sudah bisa melakukan pengajuan pencairan tahap II. Dengan ketentuan laporan pertanggung jawaban atas penggunaan DD tahap I pun sudah disiapkan.

“Untuk tahap II pun sudah bisa dicairkan sejak April lalu, sepanjang desa itu sudah merealisasikan tahap I dan mempertanggung jawabkan nya,” tukas Budi.

BACA JUGA:

Sumber: