Dema IAIN Curup Gelar Seminar Kepemudaan

Dema IAIN Curup Gelar Seminar Kepemudaan

Ist/CE Kegiatan Seminar Kepemudaan Dema IAIN Curup diikuti ratusan mahasiswa.--

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM – Mengawali pembangunan peradaban negeri Indonesia pada zaman sekarang ini yang sudah memasuki era society 5.0 yang dimaknai dengan tingginya persaingan di berbagai sektor yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

Karena pada masa ini masyarakat dituntut untuk hidup berdampingan dengan teknologi, menguasai dan memanfaatkan teknologi.

Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup mengambil peran dan fungsinya dalam mengaktifkan nalar-nalar kritis pemuda terkhusus mahasiswa IAIN Curup dengan menggelar seminar kepemudaan yang mengusung tema Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Membangun Peradaban Negeri yang dilaksanakan pada Minggu (21/5) kemarin di Aula Rektorat IAIN Curup.

BACA JUGA:

Adapun dalam acara tersebut pihak Dema IAIN Curup mengundang beberapa tokoh penting negeri ini untuk menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut, yang di antarannya yakni Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Bengkulu yaitu Dempo Xler S IP M AP, Singgih Tri Wibowo SH selaku Founder Mudo Sosial Ekspedisi serta Pebisnis dan Pegiat Sosial yaitu Ade Irawan SPd.

Ketua Dema IAIN Curup, M.Dio Putra mengatakan bahwasanya tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk menarik generasi muda yang merupakan calon penerus bangsa agar bisa berkontribusi dalam mengawal pembangunan peradaban negeri dalam memasuki era society 5.0.

“Ada tiga aspek partisipasi peran pemuda dalam membangun negeri, di antarannya yakni aspek partisipasi dalam peningkatan ekonomi, aspek partisipasi politik dan sosial masyarakat, yang mana peran pemuda dalam pembangunan bangsa ini memiliki peran strategis sehingga perlu adanya pengembangan potensi dan perannya, melalui penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan sebagai bagian dari pembangunan nasional,” ujarnya.

BACA JUGA:

Dikatakan Dio bahwasanya saat ini setiap pemuda bisa mengembangkan kemampuannya di bidang usaha melalui berbisnis untuk mengawali pembangunan ekonomi dalam peradaban negeri.

Selain itu juga pemuda bisa menumbuhkan minat dalam berperan melalui bidang politik, kontrol kebijakan dan sebagai partisipatif pemerintah.

“Sebagai calon penerus bangsa tentulah kami berharap ke depannya bisa terlibat dalam aspek politik, yang mana ruang-ruang demokrasi dan kursi-kursi pemangku kebijakan bisa diisi oleh pemuda yang mempunyai kapasitas, pengaruh, dan track record di bidang politik yang matang,” terangnya. 

BACA JUGA:

Sumber: