Lebong Targetkan Raih Adipura 2024

Lebong Targetkan Raih Adipura 2024

Dok/CE Tugu Presidium Lebong.--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten LEBONG saat ini tengah berupaya meningkatkan kebersihan serta pengelolaan lingkungan dalam kota menjadi lebih baik dibandingkan tahun tahun sebelumnya.

Bukan tanpa alasan, ini lantaran DLH menargetkan tahun 2024 mendatang Kabupaten Lebong dapat meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Hal ini disampaikan Kepala DLH Indra Gunawan SP M Si.

“Sejak mekarnya Kabupaten Lebong dari Rejang Lebong selama 19 tahun silam, hingga saat ini belum sekalipun Lebong mendapatkan penghargaan Adipura. Oleh karena itu saat ini kita akan bekerja keras terutama meningkatkan kebersihan serta pengelolaan lingkungan untuk berkesempatan mendapatkan penghargaan Adipura tersebut,” kata Indra.

BACA JUGA:

Disebutkan Indra adapun langkah yang pihaknya lakukan agar wilayah tersebut mendapatkan penghargaan adipura diantaranya seperti memperbaiki pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau, kedua memanfaatkan ekonomi dari pengelolaan sampah dari ruang terbuka hijau, serta pengendalian pencemaran air.

“Selain itu untuk indikator yang menjadi dasar penilaian Adipura seperti memperbaiki kebersihan dan keteduhan lingkungan perkotaan serta mengelila manajemen, dan daya tanggap dalam mengelola lingkungan perkotaan,” ucapnya.

Dirinya menegaskan agar penghargaan Adipura itu bisa tercapai harus ada keseriusan dan kerja sama semua pihak.

Karena jika hanya mengandalkan DLH untuk mewujudkan hal tersebut dinilai kurang maksimal.

BACA JUGA:

“Pastinya ada beberapa pihak yang terlibat agar penghargaan Adipura ini bisa terwujud, yang mana harus dimulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, sekolah, kantor, dan lainnya,” lanjutnya.

Maka dari itu pihaknya memastikan akan mengoptimalkan terkait permasalahan tersebut, apalagi saat ini pengelolaan sampah di kabupaten Lebong sudah melibatkan pihak ketiga, tinggal lagi memenuhi kriteria yang belum terpenuhi.

“Insyaallah step by step langkah yang dilakukan ini bisa tercapai, karena untuk saat ini yang paling utama yaitu melengkapi syarat dan ketentuan untuk mendapatkan penghargaan Adipura tersebut,” tandasnya.

BACA JUGA:

Sumber: