BLT DD 105 Desa Cair, Iwan : Segera Direalisasikan

BLT DD 105 Desa Cair,  Iwan : Segera Direalisasikan

Iwan Zamzam Kurniawan SH--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Meskipun baru 7 desa yang mengajukan berkas pencairan Dana Desa atau Alokasi Dana Desa (DD/ADD) tahap II tahun 2023 ini.

Pencairan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang sumbernya dari DD sudah dicairkan langsung oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) untuk 105 desa di Kabupaten Kepahiang.

Kepala DPMD Kabupaten Kepahiang Iwan Zamzam Kurniawan SH mengatakan, jika BLT DD 105 seluruhnya sudah ditransfer dan sudah masuk ke rekening desa masing-masing.

Karena proses usulan pencairannya termasuk kategori murah, sehingga tidak membutuhkan waktu yang panjang. 

"Untuk BLT DD, desa hanya mengajukan bukti penyaluran tahap I. Melalui bukti itulah disampaikan dengan PMD, lalu kita sampaikan ke KPPN melalui BKD Kepahiang. Dan saat ini anggaran BLT DD sudah di transfer kemasing - masing rekening desa," ujar Iwan.

BACA JUGA:

Dikatakan Iwan, dengan sudah dicairkannya anggaran BLT DD tersebut. Seluruh desa diwajibkan untuk segera mencairkannya kepada masyarakat.

Mengingat kebutuhan masyarakat sangat banyak pada lebaran idul adha ini.

"Anggarannya kan sudah masuk ke rekening desa, silahkan saja untuk merealisasikannya kepada masyarakat yang berhak selaku penerima BLT DD," terangnya.

Disamping itu berkenaan dengan pencairan DD/ADD yang sedang berjalan lanjut Iwan.

Dirinya mengingatkan agar pihak desa yang belum mengajukan berkas pencairan, segera melengkapi dan mengajukan pemberkasannya.

Karena dari 105 desa yang ada, belum sampai 10 desa yang mengajukan berkas.

"Kepada desa yang belum mengajukan berkas pencairan DD/ADD, agar secepatnya melakukan pencairan. Karena semakin cepat mengajukan pencairan, semakin cepat pula anggarannya dicairkan," tutup Iwan.

BACA JUGA:

Sumber: