BMKG : Waspada Hujan Disertai Angin Kencang

BMKG : Waspada Hujan Disertai Angin Kencang

ILUSTRASI/NET --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu, mengeluarkan peringatan dini terhadap cuaca yang bakal terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Dimana dari prediksi BMKG, untuk wilayah Kabupaten Rejang Lebong berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang.

"Perkiraan kami kondisi cuaca di wilayah Bengkulu termasuk Rejang Lebong, saat ini perlu untuk diwaspadai," sampai Prakirawan cuaca BMKG Provinsi Bengkulu, Anjasman.

Dirinya menjelaskan, hal ini disebabkan adanya pertemuan angin (konvergensi) dan belokan angin di wilayah Bengkulu.

Kelembapan udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas serta ketidakstabilan udara yang cukup kuat pada atmosfer di wilayah Bengkulu.

Sambungnya, ini dapat menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di wilayah Bengkulu.

BACA JUGA:

"Dengan begitu, wilayah Rejang Lebong jadi salah satu daerah yang berpotensi diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang," terangnya.

Untuk kecepatan angin sendiri, sebut Anjasman, di wilayah Rejang Lebong dalam beberapa hari ke depan berada dikisaran 30 km/jam.

"Meskipun angka tersebut masih tergolong normal, namun tetap tidak menutup kemungkinan terjadi peningkatan," tegasnya.

Adapun potensi lain yang bisa terjadi, lanjutnya, waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan lainnya.

Yang mana itu dampak dari hujan lebat yang melanda suatu daerah dengan durasi yang lama.

"Oleh karenanya masyarakat diimbau untuk tetap dan selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya cuaca buruk," tukasnya.

BACA JUGA:

Sumber: