Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, SMKN 1 Rejang Lebong Libatkan SAN

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, SMKN 1 Rejang Lebong Libatkan SAN

Aziz/CE Pelaksanaan MPLS di SMKN 1 Rejang Lebong --

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Sebanyak 450 orang siswa baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Rejang Lebong mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun ajaran 2023/2024.

Kegiatan tersebut sudah di mulai sejak Senin (10/7) kemarin hingga berakhir pada Selasa (11/7).

Dalam kegiatan tersebut pihak sekolah melibatkan satgas anti narkoba (SAN) Provinsi Bengkulu untuk memberikan materi dan pengalaman kepada siswa baru tersebut.

Kepala SMK Negeri 1 Rejang Lebong, Dr Asep Suparman MPd melalui koordinator MPLS 2023 Samsirudin MPd bahwa berdasarkan petunjuk dan teknis pelaksanaan, kegiatan tersebut hanya akan dilaksanakan di sekolah. 

BACA JUGA:

"Untuk MPLS ini akan dilaksanakan selama tiga hari, yang mana kami akan melaksanakan pengenalan lingkungan kepada siswa , dan tata tertib sekolah serta, penanaman karakter terhadap masing - masing siswa," sampai Samsirudin.

Dikatakan Samsirudin bahwa pada kegiatan MPLS tersebut seluruh siswa tersebut akan dikenalkan dengan kondisi lingkungan sekolah.

Seperti halnya ruangan dan sarana prasarana, kompetensi keahlian dan tenaga guru dan kependidikan serta diperkenalkan dengan budaya dan tata tertib sekolah, selain itu, pihak SAN Provinsi Bengkulu akan memberikan materi mengenai permasalahan remaja seperti penyalahgunaan narkoba dan pembullyan.

BACA JUGA:

"Yang pastinya dengan jumlah sebanyak 450 orang tersebut belum tentu bisa saling mengenal satu sama lain, sehingga perlu kita laksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah ini, harapan kita ya dengan dilaksanakannya MPLS ini siswa bisa saling mengenal, memahami tata tertib sekolah, serta dapat meninggalkan kebiasaan - kebiasaan buruk ketika masih berada di bangku SMP," jelasnya.

Lebih jauh Samsirudin mengatakan bahwa melalui momen MPLS ini pihaknya ingin mencari figur - figur seorang pemimpin, yang mana siswa tersebut nantinya akan dipromosikan untuk menjadi kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tahun kepengurusan 2023/204 mendatang.

"Dengan dilaksanakan kegiatan MPLS ini bisa menjalin kebersamaan dan kekeluargaan terhadap siswa baru tersebut, dan dengan adanya  MPLS ini masa transisi siswa baru tersebut bisa lebih terarah dan berkarakter yang disiplin, berani, dan bertanggung jawab," pungkasnya.

BACA JUGA:

Sumber: