SMKN 1 Rejang Lebong Gandeng SANS Bentuk Karakter Siswa

SMKN 1 Rejang Lebong Gandeng SANS Bentuk Karakter Siswa

Aziz/CE Pelaksanaan MPLS di SMKN 1 Rejang Lebong kemarin. --

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Pada masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang dilaksanakan selama tiga hari, sejak Senin (10/7) hingga Rabu (12/7) kemarin.

Terdata ada sebanyak  450 orang siswa baru yang mendaftar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Rejang Lebong tahun ajaran 2023/2024.

Dalam kegiatan tersebut SMKN 1 Rejang Lebong menggandeng satgas anti narkoba sekolah (SANS) Provinsi Bengkulu untuk memberikan materi dan pengalaman baru kepada siswa tersebut, sehingga siap dalam menjadi siswa yang baik dan berkarakter di SMKN 1 Rejang Lebong.

Kepala SMK Negeri 1 Rejang Lebong, Dr Asep Suparman MPd mengatakan melalui kegiatan tersebut pihaknya ingin memperkenalkan budaya belajar di sekolah yang dipimpinnya tersebut.

Serta membentuk karakter siswa yang sesuai dengan motto SMK Bisa, SMK Hebat, Siap Kerja, Santun, Mandiri dan Kreatif dan bermartabat.

BACA JUGA:

"Untuk MPLS ini telah kami laksanakan selama tiga hari, yang mana kami laksanakan pengenalan lingkungan kepada siswa , dan tata tertib sekolah serta, penanaman karakter terhadap masing - masing siswa," ujar Kepsek.

Dikatakan Kepsek bahwa pada kegiatan MPLS tersebut seluruh siswa tersebut dikenalkan dengan kondisi lingkungan sekolah.

Seperti halnya ruangan dan sarana prasarana, kompetensi keahlian dan tenaga guru dan kependidikan serta diperkenalkan dengan budaya dan tata tertib sekolah, selain itu, pihak SANS Provinsi Bengkulu akan memberikan materi mengenai permasalahan remaja seperti penyalahgunaan narkoba dan pembullyan.

"Yang pastinya dengan jumlah sebanyak 450 orang tersebut belum tentu bisa saling mengenal satu sama lain, sehingga setelah masa pengenalan lingkungan sekolah ini, harapan kita ya siswa  tersebut bisa saling mengenal, memahami tata tertib sekolah, serta dapat meninggalkan kebiasaan - kebiasaan buruk ketika masih berada di bangku SMP," jelasnya.

BACA JUGA:

Sementara lebih jauh Kepsek mengatakan bahwa melalui momen MPLS tersebut pihaknya juga mencari figur - figur seorang pemimpin.

Yang mana siswa tersebut nantinya akan dipromosikan untuk menjadi kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) untuk menggantikan kepengurusan yang lama dan menjadi pengurus pada tahun ajaran 2023/2024.

"Dengan dilaksanakan kegiatan MPLS ini bisa menjalin kebersamaan dan kekeluargaan terhadap siswa baru tersebut, dan dengan adanya  MPLS ini masa transisi siswa baru tersebut bisa lebih terarah dan berkarakter yang disiplin, berani, dan bertanggung jawab ," pungkasnya. 

Sumber: