Tingkatkan Kerjasama Internasional IAIN Curup Tandatangani MoU Bersama Kampus Malaysia

Tingkatkan Kerjasama Internasional  IAIN Curup Tandatangani MoU Bersama Kampus Malaysia

IST/CE Penandatanganan MoU bersama Kampus Malaysia. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, saat ini telah mengawali langkah baik untuk peningkatan kampus tersebut.

Dimana kampus yang berpusat di Kabupaten Rejang Lebong baru saja melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara IAIN Curup, Universiti Malaysia Sarawak (Unimas) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.

Di sisi lain, ini dilakukan dalam rangka untuk terus meningkatkan kampasitas kampus IAIN Curup di Kancah Internasional.

Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga IAIN Curup Dr. Fakhruddin, SAg MPd I, mengatakan jika dirinya secara langsung menandatangaani kerjasama tersebut, sebagai melengkapi keperluan aktivitas memorandum Persefahaman (Mou) kerja sama Internasional Universitas Teknologi MARA (UITM) Serawak bersama Institut Agama Islam, IAIN Curup diundang oleh UITM untuk menandatangani MoU diserawak Malaysia sebagai mana dengan surat no :100-UitMKS (IwaH/( KKH-02/7-23).

BACA JUGA:

"Nantinya dalam kerjasama ini beberapa program akan dikolaborasikan dan dipadukan antara IAIN Curup dan mitra-mitra internasionalnya," jelasnya. 

Adapun nantinya program-program yang akan dilakukan tersebut, diantaranya yakni Pertukaran Pelajar (Student Exchange), Pertukaran Dosen, Eksistensi Mengajar: Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran, IAIN Curup akan bekerja sama dengan universitas mitra dalam upaya meningkatkan eksistensi pengajaran berbasis teknologi dan inovasi, Magang, Joint Research atau Penelitian Bersama. 

"Kerjasama ini mencakup semuanya baik akademik ataupun non akademik untuk kampus IAIN Curup," terangnya. 

Selain kerjasama dengan Unimas dan IAIN Pontianak, IAIN Curup juga menjalin kerjasama dengan Universitas Teknologi MARA (UITM) Shah Alam, Malaysia.

BACA JUGA:

Dalam waktu dekat, mahasiswa dari Universitas ini akan dikirim ke IAIN Curup untuk mempelajari Bahasa Arab.

Kerjasama ini merupakan wujud dari konsep 'Merdeka Belajar, Kampus Merdeka'(MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kebebasan dalam pemilihan program studi dan memperkuat sinergi antara berbagai institusi pendidikan tinggi di Indonesia dan di luar negeri.

"Dengan harapan kerjasama ini  dapat membuka peluang luas bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti dari kedua belah pihak untuk memperluas wawasan, pengalaman, dan pengetahuan mereka.

Sesuai dengan komitmen kita  untuk terus memperluas jaringan internasionalnya demi peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran di era globalisasi ini," pungkasnya.

Sumber: