Berikut Daftar Titik Rawan Banjir di Rejang Lebong

Berikut Daftar Titik Rawan Banjir di Rejang Lebong

DOK/CE Salah satu kelurahan di Rejang Lebong yang pernah terdampak banjir.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Sekalipun saat ini sudah memasuki musim kemarau, namun faktanya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih sering terjadi dan melanda sebagian besar wilayah di Kabupaten Rejang Lebong.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rejang Lebong menyebutkan, bahwa dampak atau akibat dari hujan yang kerap terjadi secara kontinyu bisa memicu bencana alam berupa banjir.

"Hujan yang terjadi secara terus menerus bisa mengakibatkan genangan air atau banjir bagi wilayah tertentu," kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Rejang Lebong, Drs Shalahuddin MSi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Irawan.

BACA JUGA:

Ia memaparkan, ada banyak titik rawan bencana banjir di Rejang Lebong. Pertama di wilayah Kecamatan Curup antara lain sering terjadi di Kelurahan Dwi Tunggal, Air Rambai, Jalan Baru, Adirejo dan Timbul Rejo.

Kecamatan Curup Utara terjadi di Kelurahan Tunas Harapan, Desa Pahlawan dan Tasik Malaya.

Selanjutnya wilayah Kecamatan Curup Timur diantaranya kerap terjadi di Kelurahan Talang Ulu, Sukaraja, Kesambe Baru, Karang Anyar

Desa Duku Ulu, Duku Ilir, Air Meles Bawah, Kampung Delima dan Kesambe Lama. Lalu di Kecamatan Curup Tengah terjadi di Kelurahan Batu Galing, Kepala Siring dan Sidorejo.

"Di wilayah Kecamatan Curup Selatan hanya di Desa Teladan, Kecamatan Kota Padang kerap terjadi di Kelurahan Bedeng dan Desa Dusun Baru," paparnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk di wilayah Kecamatan Sindang Beliti Ilir terjadi di Desa Periang, Lubuk Tanjung, dan Lubuk Bingin Baru.

BACA JUGA:

Kemudian Kecamatan Padang Ulak Tanding antara lain di Desa Belumai I, Belumai II, Guru Agung, Tanjung Sanai I, Tanjung Sanai II dan Bukit Batu. Lalu Kecamatan Sindang Beliti Ulu yang menjadi lokasi rawan banjir ada di Desa Tanjung Heran dan Jabi.

"Data tersebut merupakan data matrik analisis BPBD dalam beberapa tahun terakhir yang berhasil dihimpun," jelasnya.

Selain kecamatan-kecamatan tersebut, lanjut Irawan, ada beberapa kecamatan yang dalam pantauan pihaknya nihil kejadian banjir di wilayahnya. Kecamatan dimaksud antara lain Kecamatan Binduriang, Sindang Dataran, Sindang Kelingi, Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya dan Selupu Rejang.

Sumber: