Ada Anggrek Monyet, Ini Daftar 10 Jenis Bunga Anggrek Khas Indonesia

Ada Anggrek Monyet, Ini Daftar 10 Jenis Bunga Anggrek Khas Indonesia

Anggrek-Net-

5. Anggrek Jambrud

Anggrek jamrud ini adalah anggrek asli Indonesia yang memiliki nama latin Dendrobium Macrophyllum. Jika kamu mencari bunga anggrek dengan ciri yang khas, bunga ini bisa menjadi pilihan karena memiliki keunikan pada kelopak bunganya yaitu memiliki bulu seperti buah rambutan.

 

6. Anggrek Ki Aksara

Tak kalah menarik dari anggrek yang lainnya, keunikan anggrek ini terletak dari corak daunnya yang seperti kilatan petir. Selain bercorak seperti kilatan petir, daunnya memiliki warna hijau tua dan hitam. Anggrek ini memiliki nama latin Macodes Petola dengan ukuran yang mungil menjadikannya cocok sebagai hiasan pada meja.

 

7. Anggrek Kasut Kumis

Anggrek kasut kumis atau nama ilmiahnya Paphiopedilum chamberlainianum adalah salah satu macam anggrek yang memiliki bentuk bunga sangat unik. Bentuknya imut seperti bayi dengan kantung tidur. Warnanya hijau di bagian atas dan ungu menyala di bagian bawah.

 

Untuk jenis yang satu ini tumbuh di atas tanah dengan tinggi mencapai 30 centimeter (cm) sampai 45 cm dan sangat cocok tumbuh di ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Namun, untuk mendapatkan tanaman ini cukup sulit karena populasinya yang sudah sangat jarang.

 

8. Anggrek Hitam

Satu lagi anggrek unik, yaitu anggrek hitam yang berasal dari Kalimantan, Sumatra dan Semenanjung Malaya. Anggrek bernama latin Coelogyne pandurata ini sebenarnya tak didominasi warna hitam. Bagian gelap hanya sedikit di tengahnya.

 

Sayangnya, anggrek hitam termasuk sebagai anggrek langka karena semakin menyusutnya hutan di Kalimantan.

Sumber: