Beasiswa Indonesia Maju Dibuka Mulai Hari Ini, Cek Syarat dan Cara Daftarnya di Sini

Beasiswa Indonesia Maju Dibuka Mulai Hari Ini, Cek Syarat dan Cara Daftarnya di Sini

beasiswa-ist-

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Kabar gembira bagi kamu siswa SMA, SMK atau sederajat. Pasalnya, terhitung mulai Selasa 10 Oktober 2023 hari ini pendaftaran Beasiswa Indonesia tahun 2023 untuk persiapan S1 di luar negeri mulai dibuka.

Oleh karena itu, Beasiswa Indonesia Maju ini adalah peluang yang tidak boleh dilewatkan. 

 

BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri adalah program beasiswa yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik berprestasi di tingkat pendidikan menengah agar dapat mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tingkat sarjana di luar negeri.

 

Beasiswa ini ditujukan khusus untuk siswa yang telah meraih prestasi di tingkat nasional atau internasional dalam berbagai ajang kompetisi, seperti olimpiade, lomba, kompetisi riset dan inovasi, seni budaya, atau olahraga. 

 

Jika Anda berhasil meraih beasiswa ini, Anda akan memenuhi syarat untuk menerima pendanaan penuh atau parsial dari Beasiswa Indonesia Maju, dengan masa studi maksimal selama 4 tahun.

 

Ini mencakup biaya-biaya seperti kursus, ujian TOEFL, IELTS, SAT, atau ACT, serta bimbingan mengenai perguruan tinggi dan lainnya.

 

BACA JUGA:

Persyaratan Beasiswa Indonesia Maju 2023 Angkatan 4

 

Calon penerima Beasiswa Indonesia Maju harus memenuhi beberapa syarat, yaitu:

 

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Peserta didik kelas XI Semester 1 di SMA/SMK/MA atau setara pada Tahun Pelajaran 2023/2024.

3. Berasal dari orangtua yang memiliki kewarganegaraan Indonesia.

4. Menunjukkan kemampuan akademik yang baik.

5. Telah meraih prestasi dalam ajang talenta atau non-ajang talenta. Untuk prestasi ajang talenta, terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi calon penerima, seperti:

 

* Prestasi ajang talenta harus tercatat sebagai finalis 1 atau pemenang dalam lomba, kompetisi, atau festival tingkat nasional dan/atau internasional dalam 3 bidang pengembangan talenta (riset dan inovasi, seni budaya, olahraga) dalam 3 tahun terakhir. Lomba tersebut bisa diselenggarakan atau difasilitasi baik oleh Pusat Prestasi Nasional/BPTI2 maupun di luar Pusat Prestasi Nasional/BPTI.

 

* Untuk prestasi ajang talenta dan/atau non-ajang talenta yang tidak diselenggarakan atau difasilitasi oleh Pusat Prestasi Nasional/BPTI, calon penerima harus melakukan kurasi prestasi yang mencakup peserta yang dinyatakan lolos tahap final/babak penyisihan untuk ajang talenta tidak berjenjang dan peserta perwakilan provinsi untuk ajang talenta berjenjang. Termasuk ajang talenta yang sebelumnya diselenggarakan oleh satuan lain di bawah Kemendikbudristek yang telah dialih tugaskan ke Puspresnas mulai tahun 2020.

BACA JUGA:

6. Memiliki integritas kebangsaan sebagai Pelajar Pancasila dan menjadi calon pemimpin masa depan bangsa.

7. Tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain dengan peruntukan komponen biaya yang sama.

8. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya yang sesuai dengan negara tujuan studi.

9. Bagi penyandang disabilitas, wajib menyertakan jenis kekhususannya dari spesialis atau dokter ahli yang sesuai dengan ketunaannya.

10. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online melalui laman https://bim-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/.

11. Bersedia mengikuti seluruh rangkaian program persiapan dengan baik.

12. Menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

13. Mendapatkan dukungan dari orang tua dan sekolah untuk dapat mengikuti BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri.

 

BACA JUGA:

Cara Daftar Beasiswa Indonesia Maju 2023 

 

Untuk mengajukan pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan Sarjana Luar Negeri, calon penerima harus mengikuti langkah-langkah berikut:

 

1. Mendaftar secara online pada laman Pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan Sarjana Luar Negeri: https://bim-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ sesuai dengan Angkatan yang berlaku.

2. Pastikan untuk melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan dalam aplikasi pendaftaran.

3. Pastikan Anda menerima email notifikasi yang mengonfirmasi bahwa Anda telah berhasil terdaftar.

4. Jika Anda adalah peserta didik berprestasi dari ajang talenta yang tidak diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional/BPTI atau non-ajang talenta, wajib mendaftarkan prestasi Anda pada laman kurasi http://kurasi-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id setelah melengkapi semua persyaratan yang diperlukan untuk Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan Sarjana Luar Negeri.

BACA JUGA:

Jadwal pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju 2023 Angkatan 4 

 

- Sosialisasi tentang pendaftaran BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri Angkatan 4 dan informasi tentang kurasi akan disampaikan pada tanggal 9 Oktober 2023.

- Pendaftaran BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri Angkatan 4 akan dibuka pada tanggal 10 Oktober 2023.

- Batas waktu untuk mengirimkan prestasi Anda melalui kurasi untuk pendaftaran BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri Angkatan 4 adalah tanggal 27 Oktober 2023.

- Pendaftaran BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri Angkatan 4 akan ditutup pada tanggal 6 November 2023.

- Hasil seleksi administrasi dan prestasi akan diumumkan pada tanggal 17 November 2023.

- Seleksi substansi dan wawancara akan dilakukan pada tanggal 6 November 2023.

- Hasil seleksi substansi dan wawancara akan diumumkan pada bulan November 2023.

- Tahap pembinaan akan dimulai pada tanggal 8 Desember 2023.

 

Yuk, segera daftar dan ikuti program Beasiswa Indonesia Maju tahun 2023. Mudah-mudahan, kamu termasuk orang yang beruntung!!

Sumber: