Alasan Mengapa Indonesia Harus Peduli dengan Palestina

Alasan Mengapa Indonesia Harus Peduli dengan Palestina

Aksi mahasiswa dan pelajar di curup bela Palsetina.-Aziz/ce-

CURUPEKSPRESS.COM - Dalam aksi damai membela Palestina di kota Curup. Para mahasiswa yang melakukan aksi tersebut menyerukan beberapa seruan dan alasan agar Indonesia membantu Palestina.

Tuntutan tersebut dilayangkan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Curup Kabupaten Rejang Lebong,  UKM kerohanian IAIN Curup, Lembaga Dakwah Kampus  Rotashi Poltekkes Kemenkes, SMAIT Khoiru Ummah, SMK IT Khoiru Ummah, SMK Negeri 2 Rejang Lebong dan SMA Negeri 4 Rejang Lebong.

Berikut tuntutan mahasiswa dan alasan mengapa Indonesia harus peduli terhadap isu Palestina dan mendukung  Palestina menjadi negara yang berdaulat penuh dan damai:

1. Indonesia sudah pernah merasakan dijajah oleh bangsa lain. Indonesia dijajah selama 350 tahun oleh kolonial Belanda dan 3,5 tahun oleh Jepang, dengan pahamnya sebagai negera bekas bekas penjajahan sehingga ini menjadi alasan  utama negara Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina.

2. Indonesia adalah bangsa yang religius sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan, sebelum terbentuk dan bernama Indonesia dengan menghargai konsep kebinekaan yang penuh dengan toleransi, dan hal tersebut juga sudah tetuang dalam pembukaan UUD 1945, yang berbunyi bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karen tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan.

BACA JUGA: Ratusan Mahasiswa dan Pelajar di Curup Gelar Aksi Peduli Palestina, Ini Tuntutannya

BACA JUGA:LSM Pekat Kembali Gelar Aksi Damai Soal Tuntutan Ini..

 3. Yerusalem merupakan kota bagi tiga agama besar Samawi, yakni Kristen, Yahudi dan Islam. Di kota suci itu, terdapat bangunan Masjid Al-Aqsa yang memiliki makna penting bagi umat Muslim, Jadi, secara otomatis isu tersebut membawa kedekatan dengan penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Hal ini menjadi alasan ketiga bagi negara Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina.

4. Palestina menjadi negara pertamakali yang mengakui kemerdekaan Indonesia yakni pada 6 September 1944. Seorang saudagar dan Mufti Besar Amin al-Husseini mengabarkan kepada dunia internasional dan mengakui kemerdekaan Indonesia, sehingga negara yang kita cintai ini  memiliki hutang budi kepada Palestina.

Berdasarkan undang-undang dasar negara Republik Indonesia yang mengamanatkan untuk melawan segala penjajahan di atas dunia agar di hapuskan, dukungan Indonesia terhadap Palestina merupakan wujud komitmen Indonesia dalam menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, menjaga perdamaian, dan mewujudkan keadilan di dunia.

Sebelumnya ratusan mahasiswa dan pelajar di kota Curup Kabupaten Rejang Lebong menggelar aksi damai peduli Palestina dan megecam agresi Israel. Aksi damai tersebut digelar kurang lebih 150 mahasiswa dan pelajar pada Minggu 15 Oktober 2023 di depan Pasar Bang Mego, Curup.

Pantauan curupekspress.com, dalam aksi damai tersebut mahasiswa dan pelajar juga melaksanakan penggalangan dana dan orasi untuk memberikan dukungan kepada negara Palestina yang saat ini sedang terlibat konflik dengan negara Yahudi Israel.

BACA JUGA:Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, LSM Gelar Aksi Damai Usut Dugaan Korupsi

BACA JUGA:Gelar Aksi Damai dan Roadshow

Sumber: