Penyebab Pusing Saat Berdiri Mendadak?

Penyebab Pusing Saat Berdiri Mendadak?

ILUSTRASI/NET --

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Sebagian orang pasti pernah merasa pusing saat berdiri, bangkit berdiri dari posisi tidur atau bangkit dari posisi duduk.

Apalagi Anda melakukannya secara mendadak. Pada saat itu, rasanya dunia sedang berputar,  dan menjadi gelap tetapi hanya sebentar, pusing yang Anda rasakan mendadak lenyap tak berbekas.

Penyebab kepala mendadak terasa pusing saat berdiri terjadi karena kondisi yang bernama hipotensi ortostatik (HO). Ini adalah kondisi saat tekanan darah terlalu rendah saat Anda berdiri dari posisi duduk atau tidur.

Ini terjadi karena gaya gravitasi menyebabkan darah berkumpul pada area perut dan kaki Anda. Hal ini menyebabkan tekanan darah menurun karena jumlah darah yang kembali ke jantung tidak mencukupi. 

BACA JUGA:Penyebab Pusing Setelah Mencium Aroma Parfum

Mereka yang mengalami kondisi ini tidak hanya mengalami pusing, beberapa gejala tersebut, sepeeti Penglihatan kabur, Badan terasa lemas, Linglung, Mual hingga Pingsan.

Berikut penyebab pusing saat berdiri mendadak:

 

1. Kurang mengkonsumsi air (Dehidrasi) 

 

Dehidrasi merupakan kondisi ketika seseorang kekurangan cairan tubuh secara berlebih. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan perlu segera ditangani.

Perlu diketahui, cairan di dalam tubuh memiliki peran yang sangat penting dalam membantu sistem pencernaan, mengeluarkan racun dari tubuh, menjaga suhu normal, dan sebagai pelumas sendi.

Dehidrasi ringan juga dapat menyebabkan gejala hipotensi ortostatik, seperti kelemahan, pusing, dan kelelahan.

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebabnya Sering Sakit Kepala Saat Lapar

Sumber: