Figur Ayah Ternyata Berpengaruh Bagi Pertumbuhan Anak Perempuan?

 Figur Ayah Ternyata Berpengaruh Bagi Pertumbuhan Anak Perempuan?

Ilustrasi ayah dan anak.-istimewa-

ENTERTAINMENT, CURUPEKSPRESS.COM – Peran ayah sangatlah berpengaruh dalam pertumbuhan anak perempuan. Kasih sayang ayah yang tak Nampak juga perlu menemani pertumbuhan seorang anak perempuan setelah ibunya.

Berikut 3 pengaruh figure ayah bagi pertumbuhan anak perempuan;

Ayah mampu membawa anak perempuan lebih mencintai dirinya 

Ayah memiliki pengaruh besar dalam kepercayaan anak perempuan, karena ayahlah pertama dan satu satunya lelaki yang memberikan kepercayaan tinggi kepa anak perempuan.

Ayah selalu berani memberikan penilaian kepada anaknya tentang penampilan. Dan ayah mampu menerima serta menghargai bagaimana penampilan anaknya baik itu tentang fisik atau bukan. 

Ayah sering kali memberikan energy positif dengan pujian pujiannya, seperti ‘cantiknya anak ayah, bagus ya bajunya’ ayah pun bisa membantu menuruti kemauan anaknya agar bisa tumbuh percaya diri.

BACA JUGA:

Ayah selalu memberikan semangat kepada anak perempuannya untuk berani tampil dan percaya diri di depan umum.

Tantangan yang diberikan oleh ayah tanpa disadari malah membentuk anak perempuan untuk tampil berani dan yakin menghadapi beragam resiko. Namun, dibalik memberikan tantangan tersebut ayah selalu siap dan sigap untuk melindungi anaknya.

BACA JUGA: Penting! 6 Edukasi untuk Anak Perempuan Agar Terhindar dari Kekerasan Seksual

Ikatan anak perempuan dengan anak akan membentuk akademiknya

Berdasarkan penelitian ikatan ayah dan anak tidak hanya sekedar membangun kepercayaan diri, sifat ataupun perilaku tetapi dapat juga berpengaruh pada kemampuan anak dalam mengapai prestasi akademiknya.

Bagi umat muslim telah disebutkan beberapa kisah ayah dan anak diantaranya dalam Al-Qur’an pada surat Al-Baarah 132-133 dan Luqman 12-19 .

Pendidikan seorang anak tidak hanya ditimbalkan pada ibu tapi ayah juga harus mampu melakukannya. Seperti contohnya Nabi Zakaria sebagai ayah dari Maryam yang mampu mendidik dengan baik dalam membesarkan Maryam.

Sumber: