Ternyata Penggunaan Kipas Angin Waktu Tidur Itu Berbahaya

Ternyata Penggunaan Kipas Angin Waktu Tidur Itu Berbahaya

ILUSTRASI/NET--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM – Penggunaan kipas angin bagi sebagian orang memanglah menyenangkan apalagi kondisi cuaca yang panas.

Ada sebagian orang yang selama 24 jam hidupnya menggunakan kipas angin bahkan pada waktu tidur.

Tidak sedikit orang menggunakan kipas angin pada waktu tidur. Meskipun begitu tidak semua orang bisa tidur dengan kipas angin.

Udara yang panas pada malam hari membuat orang menyalakan kipas angin selama tidur, hal itu dilakukan dengan tujuan agar pada saat tidur akan terasa lebih nyaman tetapi pada kenyataannya tidur dengan kipas angin bisa yang menyala akan mendatangkan dampak buruk bagi Kesehatan.

Anda pasti bertanya-tanya mengapa penggunaan kipas angin pada waktu tidur itu berbahaya? Karena kipas angin dapat menyebarkan partikel-partikel debu ataupun alergi (zat pemicu alergi) lain yang bisa menyebabkan iritasi dikarenakan partikel debu bisa melekat hingga ke langit-langit kamar.

Selain itu, ada juga pemicu alergi yang paling umum adalah ketika tidur dengan kipas angin adanya tungau debu yang mana hewan kecil ini hidup di daerah berlapisankain dan lembab.

Jika Anda belum mengetahui bahaya dari penggunaan kipa angin pada saat tidur dan masih menganggapnya remeh.

Berikut ini penggunaan kipas angin pada waktu tidur yang harus Anda perhatikan. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:

1. Menimbulkan alergi

 

Salah satu bahaya penggunaan kipas angin  pada waktu malam hari akan menyebabkan alergi hal ini dikarenakan kipas angin menyebarkan debu atau kotoran didalam kamar.

Biasanya alergi diakan memberikan reaksi seperti bersin, mata berair, hidung meler, gangguan pernapasan dan tenggorokan gatal.

Bahkan pada kondisi tertentu alergi dapat memburuk bisa menyebabkan kondisi asma. 

 

2. Kekurangan oksigen

 

Selanjutnya bahaya penggunaan kipas angin pada waktu tidur yaitu Anda bisa kekurangan oksigen hal ini terjadi khususnya bagi Anda yang senang mengarahkan kipas angin kemuka.

Udara kipas yang tidak bergerak bisa membuat sirkulasi udara yang segar diruangan tidak dapat masuk dengan sempurna karena tidak memiliki fentilasi udara yang baik.

 

3. Infeksi saluran pernapasan

 

Pada umumnya kipas angin berfungsi menghasilkan angin dengan cara menggerakkan udara di sekitar, tanpa ada nya proses penyaringan sementara itu diudara banyak sekali bakteri-bakteri yang dengan mudah dapat terhidup oleh hidung.

Setelah bakteri terhirup kedalam tbuh menyebabkan Anda berisiko mengalami berbagai penyakit salah satunya sering terjadi infeksi saluran contohnya asma.

BACA JUGA:

4. Hipertermia 

 

Menggunakan kipas angin dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kondisi tubuh hipertermia kondisi tubuh yang seperti ini yang mana suhu tubuh berada diatas normal yaitu 36 derajat dan terus menerus di tingkatan yang lebih oleh karena itu tubuh tidak mampu menahan suhu panas.

 

5. Nyeri otot

 

Udara yang yang bersirkulasi di dekat Anda akan dapat menyebabkan kontrasi otot.

Namun jika Anda menderita nyeri otot sebelumnya, tidur dengan kipas angin menyala akan membuat kondisi semakin memburuk hal ini dikarenakan aliran udara dingin yang berkontraksi membuat otot tegang dan kram. Akan tetapi tidur dengan AC yang menyala pada malam hari juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Nah itulah beberapa contoh penyakit yang bisa disebabkan karena menggunakan kipas angin pada saat tidur pada malam hari, ini hanya sebagain kecil saja ya.

Mulai dari sekarang sebaiknya Anda menghindari penggunaan kipas angin yang berlebihan saat tidur.

Sumber: