BLT Presiden Rp 400 Ribu Cair November dan Desember Ini, Cek Namamu Disini

BLT Presiden Rp 400 Ribu Cair November dan Desember Ini, Cek Namamu Disini

Aplikasi Cek Bansos yang telah tersedia di PlayStore yang dapat membantu kamu untuk mengecek penerima manfaat bansos. -ist-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Presiden Jokowi akan melanjutkan distribusi bantuan sosial kepada warga yang berpenghasilan rendah pada akhir tahun 2023. Bantuan sosial yang disalurkan oleh pemerintahan Jokowi ini berkaitan dengan dampak dari fenomena El Nino atau musim kemarau panjang yang tengah berlangsung di Indonesia.

 

Jokowi akan mengalokasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar Rp 400.000, yang akan didistribusikan dalam dua tahap, yaitu pada bulan November dan Desember 2023, dengan masing-masing tahap sebesar Rp 200 ribu.

BACA JUGA:

Untuk pelaksanaan penyaluran BLT ini, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,52 triliun. Bantuan tersebut ditujukan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tercatat dalam data Kementerian Sosial. Presiden Jokowi telah menyatakan bahwa bantuan ini akan disalurkan secara langsung ke rekening para penerima manfaat.

 

Di samping BLT, pemerintahan Presiden Jokowi juga akan melanjutkan program bantuan sosial berupa 10 kilogram beras kepada Keluarga Penerima Manfaat pada bulan Desember 2023. Keputusan untuk melanjutkan program bansos beras 10 kg tersebut diambil dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan belum lama ini.

BACA JUGA:

Bantuan pangan ini juga diberikan sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi yang terjadi akibat dampak dari fenomena iklim El Nino, yang telah menyebabkan kenaikan harga beras. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,67 triliun untuk program bantuan beras pada bulan Desember 2023.

 

Sebelumnya, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 7,9 triliun untuk program bantuan beras pada periode Maret-Mei 2023 dan Rp 8 triliun untuk periode September-November 2023. Dengan alokasi dana tersebut, upaya pemerintah dalam memberikan bantuan beras kepada masyarakat terus berlanjut sepanjang tahun ini.

 

Diketahui ada dua cara jika kamu ingin mengecek, apakah kamu mendapatkan BLT. Pertama dengan mengunjungi website Kemensos dan kedua melalui Aplikasi Cek Bansos yang dapat didownload di Play Store. 

BACA JUGA:

Sumber: